SKALA KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA-FKIP UNIVERSITAS NIAS RAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya pemahaman mahasiswa tentang
penggunaan bahasa yang santun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan
berbahasa dalam kegiatan diskusi antara dosen dan mahasiswa semester I stambuk 2022 kelas 1
prodi Pendidikan Matematika. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan mahasiswa dengan
mahasiswa ketika kegiatan diskusi dilaksanakan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti membentuk kelompok
diskusi pada mata kuliah yang peneliti ampu kepada mahasiswa stambuk 2022, melakukan
perekaman ketika kegiatan diskusi sedang berlangsung, peneliti mengubah data rekaman kedalam
bentuk tulisan, selanjutnya menganalisis transkripsi rekaman dengan membaca dan menandai
bahasa yang santun dan tidak santun. Kemudian mengelompokkannya dalam panduan analisis
sesuai dengan fokus penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tuturan antara dosen dan
mahasiswa semester I kelas 1 pada prodi PM FKIP Universitas Nias Raya sebagian besar telah
mematuhi skala dan maksim kesantunan, yaitu skala pilihan, skala ketidaklangsungan dan skala
jarak sosial. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kesantunan dalam bertutur akan menentukan
bagaimana hubungan seseorang dalam hal berkomunikasi dengan orang lain sebagai lawan bicara
atau mitra tutur. Jika tuturan baik tidak mengandung desakan, selalu mengutamakan keuntungan
orang lain dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
References
Basrowi & Swandi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Basuki, Rohmat. 2015. Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Interaksi Komunikasi di Lingkungan Universitas Bengkulu. (Online). Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Tahun 14, No. 1, Januari 2015.
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Bahasa. Jakarta: Rhineka Cipta.
M.S, Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali.