EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Deliana Rambe SMP Negeri 9 Padangsidimpuan
Keywords: Model Pembelajaran, Learning cycle 5E, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model learning cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan  design one group pretest posttest. Sampel diperoleh sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kemampuan komunikasi yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata penerapan model learning cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah 3,92 (kategori sangat baik), rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV (Sistem Persamaa Linier Dua Variable) sebelum menggunakan model learning cycle 5E adalah 67,05 (kategori cukup) dan setelah menggunakan model learning cycle 5E adalah 79.94 (kategori sedang). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan paired sample test (SPSS 22) diperoleh nilai signifikannya sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model learning cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan di mana  nilai indeks N-gain adalah 0,56 (kategori sedang).

References

Amalia, A., Rahayuningsih, M., & Kedati Pukan, K. (2019). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Materi Ekosistem Di Sma N 4 Pekalongan. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 234–247. https://doi.org/10.26877/bioma.v8i1.4681
Aryantini, N. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Journal of Education Action Research, 5(2), 239–245. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33339
Aprisilia, S., Festiyed, ), Hamdi, ), Wahyuni, ), Dewi, S., & Fisika, J. (2019). Pembuatan Asesmen Autentik Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Materi Momentum, Impuls Dan Gerak Harmonik Seder-Hana Untuk Sma. Physics Education, 12(3), 481–488.
Harahap, M. S., & Nasution, S. R. A. (2019). Penerapan Flipped Classrom Berbasis Youtube Di Prodi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 7(3), 1. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1023
Harahap, M. S., Fauzi, R., Share, T. P., & Matematis, K. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MELALUI MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP. 5(2), 139–149.
Hutami, E. W., Sari, L. U., Vitasari, R. N., & Wicaksono, B. (2019). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Usbn Matematika Sd/Mi Tahun Ajaran 2018/2019. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 1. https://doi.org/10.31941/delta.v7i2.924
Hayati, G. (2018). Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Mathematic Education Journal, 1(3), 40–51. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/605
Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 158–169. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.745
Lubis, R., Harahap, M. S., & Tarihoran, P. P. (2021). PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19. 4(3), 464–471.
Lubis, S. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tps Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Kelas Xi. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(3), 97–108. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/601
Murnaka, N. P., & Yuniarti, N. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. 1, 28–37.
Putra, J. D., Matematika, D., Kepulauan, U. R., Matematis, K. K., & Learning, R. (2017). LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN. VI(1), 43–56.
Triyana, V. (2019). PENERAPAN MODEL CYCLE LEARNING 5E DAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI dalam kalimat matematika . Informasi yang diperoleh dalam soal yang dihadapi siswa tidak bahasa atau simbol matematika . hal tersebut merupakan indikator dari kemampuan. 7(1), 57–72.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/511
Yuniarti, N., & Murnaka, N. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 8–16. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.154
Published
2023-07-06
How to Cite
Lubis, R., Harahap, M., & Rambe, D. (2023, July 6). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 120-130. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5003