Efektivitas penggunaan model problem based learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP N 9Padangsidimpuan

  • Marwa Harahap Institut pendidikan tapanuli selatan padangsidimpuan
  • Nunik Ardiana
  • Muhammad Syahril Harahap
Keywords: Kata kunci: Model pembelajaran PBL pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan PBL model terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Postest dengan sample sebanyak 25 siswa (kelas VII) yang diambil dari 167 siswa dengan menggunakan teknik cluster sampling. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model PBL adalah 6,68 (kategori kurang) dan setelah diterapkan model PBL diperoleh nilai rata-rata 8.35 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan uji t-test (SPSS 20) menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0,000<0,005). Artinya terdapat keefektivitan penggunaan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan dengan nilai g= 0.45 (efektif dengan kategori sedang).

 

 

References

Firdaus. Aulia, Muhammad Asikin. Dkk. 2021. Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dam Agama. Volume 13 Nomor 2. 187- 200.
Freddy, Rangkuti. 2016. Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia
Harahap, Muhammad Syahril. Rahmatika Elindra. 2021. Analisis Kemampuan Masalah Matematis Siswa Sebelum dan Sesudah Masa Pandemi Covid 19. Jurnal MathEdu. Volume 4 Nomor 1. 134
Meila Sari, Selvi, Damris. Dkk. 2020. Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Volume 3 nomor 2
Nirmalasari. 2016. Pengantar Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural di Kabupaten Bungo. Bungo. Gre Publishing.
Rahmadani. Dkk. 2020. Efetivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMK Negeri Batang Angkol. Jurnal MathEdu. Volume 3. Nomor 1
Rosmita, Anna. Dkk. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEdu. Volume 3 Nomor 2
Saebani, Beni Ahmad. Yana. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung :CV Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina. 2018. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Satori, Djam’an, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Published
2023-07-06
How to Cite
Harahap, M., Ardiana, N., & Harahap, M. (2023, July 6). Efektivitas penggunaan model problem based learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Di SMP N 9Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 74-82. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5056