EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

  • Adi Praduana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nunik Ardiana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: : Kooperatif Tipe TPS, Memecahkan Masalah matematika

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen jenis One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa. peneliti menggunakan Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara acak, dimana yang diacak adalah kelasnya. Pengacakan dilakukan dengan cara diundi dengan gulungan kertas, sehingga gulungan yang terambil itulah yang menjadi sampelnya. Yang mana peneliti menentukan subjek dengan teknik cluster sampling  yaitu kelompok (kelas), sedangkan menentukan objeknya dengan random sampling. Setelah peneliti mengundi              lima kelompok (kelas), maka yang terpilih menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X, yaitu kelas X RPL 2 dengan jumlah 18 siswa.  Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan mengguanakan instrument tes berupa pre-test dan post-test untuk siswa. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0.05.

   Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keterampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menunjukkan skor 32 dengan rata-rata sebesar 3,2 berada dalam kategori baik, 2) Rata-rata kemampuan memecahkan masalah dalam matematika siswa X RPL2 SMK Negeri 1 Angkola Timur sebelum menggunakan model kooperatif tipe TPS sebesar 52,94 dan sesudah menggunakan model kooperatif tipe TPS sebesar 87,27`. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T tes anatara pretest dan  postest menerangkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.000. karena nilai 0.000 lebih kecil dari  0.05. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dari pada pembelajarannya sebelumnya terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas X RPL2 SMK Negeri 1 Angkola Timur.Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam memecahkan masalah matematika.

References

Apriyani susanti Simanjuntak. 2020. Efektifitas model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di smp swasta HKBP Padangsidimpuan. Jurnal Mathedu. Vol. 3. Juli 2020
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta: CV. Alfabeta
Published
2023-07-06
How to Cite
Praduana, A., Ardiana, N., & Ahmad, M. (2023, July 6). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 11-21. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5113