PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 PADANGSIDIMPUAN

  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Triya Putri Ananda Institut pendidikan Tapanuli Selatan
  • Febriani Hastini Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Brain Based Learning, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis brain based learning untuk kelas VIII-2 SMP Negeri 11 Padangsidimpuan yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Diperlukan kemampuan komunikasi matematis untuk dapat memudahkan siswa dalam mempelajari matematika dari kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis brain based learning umtuk kemampuan komunikasi matematis siswa yang valid pada tingkat smp kelas VIII pada materi probabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran (Dissiminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas LKS dan RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa validasi yang dilakukan oleh dua orang dosen pendidikan matematika sebagai validator dari ahli media dan bahasa, dan satu orang guru matematika SMP sebagai validator materi. Kemudian angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan dan soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran tersebut. Uji coba dilakukan terhadap 25 orang siswa untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran dinayatakan valid dan LKS dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kepada siswa tersebut, yang dimana validasi ahli media mendapat rata-rata 93,75% kategori sangat valid, ahli bahasa mendapat rata-rata 88,75% kategori valid, ahli materi mendapat rata-rata 88,75% kategori valid. Kemudian hasil presentase angket respon siswa mendapatkan nilai 83,36% dengan kategori praktis. Dan hasil keefektifan diperoleh nilai 82 dengan kategori sangat efektif.

References

Brier, Jennifer, and lia dwi jayanti. 2020. 21 Metodologi Penelitian.
Fatin, Aiza, Muhammad Syahril Harahap, and Roslian Lubis. 2023. “Pengembangan E-Modul Trigonometri Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.” 6(1): 6–14.
Firmansyah, Dede. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review.” 1(2): 85–114.
Harahap, Muhammad Syahril et al. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Berbasis Digital QR-Code Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan.” 6(1): 29–39.
Mawengkang, Herman. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis.” 3(1): 58–65.
Nisa, Khoirun et al. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Probabilitas Berbasis Monopoly Game Smart ( MGS ) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa.” 5(3): 140–48.
Prof. Dr. Suryana, MSi. 2012. Universitas Pendidikan Indonesia Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Purnamasari, Veryliana, and Wangid Nur Muhammad. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis.” jurnal pendidikan karakter: 167–80.
Rahmi. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran.” 9(2): 179–93.
Sains, Pendidikan et al. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Self-Regulated Learning Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dan Perubahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” 6(1): 1123–29.
Sinaga, Desi Natalia et al. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis CTL Berbantuan ICTuntuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP Swasta AZIZI.” 8(2): 532–38.
Yuanita, Putri. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis.” 04(02): 626–36.
Published
2023-07-06
How to Cite
Harahap, M., Lubis, R., Ananda, T., Nasution, F., & Nasution, N. (2023, July 6). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 131-143. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5167