ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA SMA KELAS X

  • Alifia Shabrina Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman . Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Universitas PGRI Semarang
  • Lina Riyanti SMA Negeri 2 Semarang
Keywords: Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMA kelas X SMA Negeri 2 Semarang pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini mengambil 3 siswa dari tiap kelas X yang telah mengerjakan asesmen formatif materi statistika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes tertulis dan pertanyaan wawancara yang dilakukan tiap individu. Hasil analisis data menunjukan bahwa kedua subjek penelitian dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu S-1 dan S-2  sudah dapat merepresentasikan persoalan ke dalam bentuk tabel menggunakan model matematika dengan tepat, mampu menjelaskan jawaban dalam bentuk uraian yang relevan dan dapat memberikan penjelasan hasil pengerjaan berupa kesimpulan yang tepat. Sedangkan untuk S-3 belum mampu menjelaskan jawaban dalam bentuk uraian dengan tepat dan tidak memberikan kesimpulan atas jawabannya yang dikerjakannya. Kesalahan tersebut diakibatkan karena S-3 kurang teliti dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis.

References

Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713
Ansari, B.I., (2016), Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi, Penerbit Pena, Banda Aceh.
Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan ModelEliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68-77.
Herdiana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT. Reflika Aditama.
Hodiyanto. 2017. “Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika”. AdMathEdu | Vol.7 No.1 | Juni 2017. hal. 9-18.
Istiani, A. dkk. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Edumath, Vol. 5, No. 1, Hal. 38- 45
Junaedi, I. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Writing in Performance Tasks (WiPT) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 1 (1): 11-20.
Mustika, A., Suhartati, & Syahyuzar. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Khadijah, 1104 , Maya & Setiawan, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Hands on Problem Solving Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1, 49–58.
Oktaviana, D. 2017. Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam
Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal
Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.
Permendikbud. (2013). Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Prayitno, S., Suwarsono, & Siswono, T.Y. 2013. Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap-Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang Tanggal 27-30 Juni 2013.
Purwandari, Y. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Menggunakan Pendekatan Konstektual Berorientasi Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta.
Published
2023-07-06
How to Cite
Shabrina, A., ., R., Buchori, A., & Riyanti, L. (2023, July 6). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA SMA KELAS X. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 144-149. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5196