PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIMPUNAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA

  • Marzuki Ahmad Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rudi Faizal Gultom Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi himpunan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan koneksi matematika siswa dan untuk mengetahui kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lingga Bayu. Instrumen penelitian yang berupa angket validasi ahli, angket respon siswa dan tes kemampuan koneksi matematika. Angket validasi ahli digunakan untuk mengukur kevalidan bahan ajar sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan bahan ajar dan Tes Kemampuan Koneksi Matematika untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar dilihat dari penilaian validasi ahli materi dengan skor rata-rata sebesar 81%, skor termasuk kedalam kriteria layak. Hasil keseluruhan penilaian para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria “baik” (layak) berdasarkan penilaian oleh 2 Ahli dengan persentase skor sebesar 81% dalam kriteria “sangat valid”. Hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan dengan persentase skor sebesar 89% dalam kriteria “sangat praktis”. Hasil Tes Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dilihat dari aspek keefektifan dengan skor rata-rata 81,9% masuk kategori “sangat efektif”. Dan hasil Lembar Aktivitas Siswa dilihat dari aspek keefektifan dengan skor rata-rata 89% masuk kategori “sangat efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar materi himpunan berbasis pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan koneksi matematika siswa dinyatakan valid, praktis, efektif dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.

References

Ahmad, M., Rohani, R., Siregar, A.U., & Sabri. 2022. Pendidikan Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kreativitas dan Komunikasi Matematika. Pekalongan: NEM.
Ahmad, M.,Nasution, D.P., Sabri. (2021). Implementasi pendekatan pendidikan matematika realistik ditinjau dari pemahaman konsep, aktivitas, dan respons siswa. Journal of Didactic Mathematics. 2(3), 122-133
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Fitriyana, Z.N. dan Mailizar dan Seruni. 2021. Pengembangan modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 6 (2): 279-292.
Karimah, I., Suhendri, H., & Werdiningsih, C.E. 2019. Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematika.Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 2 (2): 155-162.
Kusuma, E.D. Gunarhadi. Riyadi.2018. Keefektifan Model Quantum Learning Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar. 9 (1): 54-64.
Lubis, R., Ahmad, M., Ahmad, A. (2022). Pengembangan bahan ajar materi bangun datar dengan pendekatan pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 5(2), 83-95
Lubis, R., Harahap, T., Ahmad, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang. IV (2), 121-132.
Luddin, A.U. (2010). Dasar-Dasar Konseling. Bandung: Cita pustaka Media Perintis.
Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I.S., & Nasution, D.P. 2022. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11 (1).
Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis Tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 3.Penerbit ALFABETA Bandung.
Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 103–116
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2023-07-06
How to Cite
Ahmad, M., Siregar, E., & Gultom, R. (2023, July 6). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIMPUNAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 83-93. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5268