EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • Gomgom Refulton ipts
  • Rahmatika Elindra institut tapanuli selatan
  • Roslian Lubis institut tapanuli selatan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe SOLE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen jenis One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 346 siswa. peneliti menggunakan Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara acak, dimana yang diacak adalah kelasnya. Pengacakan dilakukan dengan cara diundi dengan gulungan kertas, sehingga gulungan yang terambil itulah yang menjadi sampelnya. Yang mana peneliti menentukan subjek dengan teknik sampling  yaitu kelompok (kelas), sedangkan menentukan objeknya dengan random sampling. Setelah peneliti mengundi 11 kelompok (kelas), maka yang terpilih menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII, yaitu kelas VIII-2 dengan jumlah 31 siswa.  Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan mengguanakan instrument tes berupa pre-test dan post-test untuk siswa. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0.05.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keterampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Self Organized Learning Environtments (SOLE) menunjukkan skor 32 dengan rata-rata sebesar 3,2 berada dalam kategori baik, 2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep dalam matematika siswa VIII-2 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan sebelum menggunakan model kooperatif tipe SOLE sebesar 51,38 dan sesudah menggunakan model kooperatif tipe SOLE sebesar 91,83. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T tes anatara pretest dan  postest menerangkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.000. karena nilai 0.000 lebih kecil dari  0.05 dan g = 0,86 dengan kategori ‘tinggi’ . Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SOLE lebih efektif dari pada pembelajarannya sebelumnya terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SOLE dalam memahami konsep matematika.

References

Anggi Angraini Nasution, Muhammad Syahril Harahap, Rahmatika Elindra, 2022, Efektivitas pembelajaran daring berbasis edmodo terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, Jurnal Mathedu. Tahun 2022. Vol. 5. No 1.
Luluk Asmawati, Sholeh Hidayat, Cucu Atikah, 2021, Penerapan model pembelajaran self organized learning environtments terhadap kemampuan literasi guru paud, Jurnal Teknologi Pendidikan, Tahun 2021, VOL 09, NO 01
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta: CV. Alfabeta
Published
2023-07-06
How to Cite
Refulton, G., Elindra, R., & Lubis, R. (2023, July 6). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SOLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 48-61. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5269