EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

  • Riko Saputra Tambunan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran bridging analogy untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian gambaran penggunaan model pembelajaran bridging analogy berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 2,90. Gambaran kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning berada pada kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata 57,3, sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran bridging analogy berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 93,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran bridging analogy dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

References

A, Herwati. 2015. Efektivitas Pendekatan Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Di SMA Negeri 1 Tembilahan Inhil Riau. Jurnal Peluang. Vol 4, No. 1, Oktober 2015. Issn : 2302-5158.
Arigiyati, Astuti. 2017. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika Model Learning Cycle Dan Konvensional Pada Kuliah Statistika Matematika II. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN). Vol.03, No.1 Mei 2017. Issn : 2459-97345.
Ario, Marfi. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematika SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Research. Vol. 5, No. 2, Desember 2016.
Budi, Kusmaryono, Maharani. 2022. Keefektifan Pendekatan Bridging Analogy Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sultan Agung. ISSN: 2963-2730.
Lesmana, Eva. 2018. Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). Vol.1 No. 2, Juli 2018.
Ahmad, Marzuki. 2017. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Smp. Jurnal Education And Development Stkip Tapanuli Selatan. Vol.6, No. 4 Edisi Agustus 2017. Issn 2527-4295.
Harahap, Siregar, Harahap. 2020. Efektivitas penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PLB) Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). Vol. 3 No. 1. Maret 2020. Issn. 2621-9832.
Lubis, Ashar. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dikelas VIII SMP Negeri 2 Batang Angkola. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). Vol.1, No. 3, November 2018. Issn 2021-9832.
Published
2023-07-06
How to Cite
Tambunan, R., lubis, R., & Siregar, E. (2023, July 6). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 164-175. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5276