PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • Popy Vera Yanti Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk membangun kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan untuk mengetahui kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VIII SMP   Negeri   2   Padang Sidempuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan  ajar berupa angket validasi ahli, angket respon siswa dan hasil test kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Angket validasi ahli digunakan untuk  me ngukur kevalidan bahan ajar sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan bahan ajar dan hasil post-test kemampuan pemahaman konsep matematika siswa digunakan untuk mengukur keefektifan bahan ajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Sidempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar dilihat dari penilaian validasi ahli materi dengan skor rata-rata sebesar 89%, untuk penilaian ahli media dengan skor rata-rata sebesar 74%, dan untuk penilaian ahli bahasa dengan skor rata-rata sebesar 81,5% dengan masing-masing skor termasuk kedalam kriteria layak. Hasil keseluruhan penilaian para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria “baik” (layak) berdasarkan penilaian oleh 3 Ahli dengan persentase skor sebesar 83,3% dalam kriteria “sangat valid”. Dan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar dilihat dari aspek kepraktisan dengan persentase skor sebesar 92% dalam kriteria “sangat praktis” dan hasil test kemampuan pemahaman konsep siswa dilihat dari aspek keefektifan dengan skor rata-rata 74 masuk kategori “efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis  pendekatan realistic mathematics education untuk membangun kemampuan pemahaman konsep siswa dinyatakan valid, sangat praktis, efektif dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.

References

Simatupang, T., M. Ahmad, and E. Y. Siregar. (2022). “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipeteams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis ….” … Education Journal) 5(1):112–23.
Siregar, R., and R. Lubis. (2022). “… Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Produksi Sandang Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada ….” JURNAL MathEdu (Mathematic Education … 5(1):104–11.
Gustinawati, Lin Mas Eva, and Fatwa Patimah Nursa’adah. (2020). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di SMP Islam At- Taufieq Jakarta.” Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matemtaika 2.
Wulandari, A. A., Astutiningtyas, E. L., Studi, P., Matematika, P., & Sukoharjo, K. J. (2020). Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ). 6(1), 54–64.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Ilis, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Matematika Realistik Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 82–90.
Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efetivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 7. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 105–113. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Gustinawati, Eva, L. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras di SMP Islam At-Taufieq Jakarta. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matemtaika, 2.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self- Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Published
2023-07-06
How to Cite
Yanti, P., Harahap, M., & Siregar, E. (2023, July 6). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 94-104. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5279