PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP N 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Nurhawani Sitompul Universitas Graha Nusantara
  • Erwina Azizah Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Susi Sulastri Lubis Universitas Graha Nusantara
Keywords: elearning, Google Classroom, Efikasi Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan perangkat pembelajaran online seperti Google Classroom untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas tujuh di SMPN 9 Padangsidimpuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket, tes, dan observasi yang dilakukan melalui aplikasi pembelajaran Google Classroom. Teknik dokumentasi dalam penelitian ini menggunakan handphone berupa foto dan screenshot. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setelah mendapatkan data, maka akan dilakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Alhasil, pada Siklus I, implementasi pembelajaran e-learning melalui aplikasi Google Classroom untuk meningkatkan efikasi diri siswa adalah pembuatan buku pedoman guru, proses pembelajaran online, LKS, dan refleksi. Ternyata itu adalah pengamatan. Pada siklus ll dilakukan identifikasi masalah yang terdapat pada siklus l.Dalam hal penilaian, seperti yang kita ketahui bersama, ada penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.

References

Abimanyu, Soli dkk. (2008). Strategi pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Nasional.
Alwilson. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMMpres
A.M Panjaitan, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Contexstual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan berpikir kritis Matematika Siswa Kelas Vlll SMP N 10 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan MIPA Vol.3no.2, thn 2018.
Auliya, Alamanda Putra. 2017, Penerapan Model pembelajaran jarak Jauh berbasis Media Google classroom. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
Abdul, Rahmat, (2014). Pengantar Pendidikan, Teori, Konsep,, Dan Aplikasi. Ideal phublising: Gorontalo.
Bandura, Albert. (1997). Sel Efficacy of Control. New York W.H Freeman and Company.
Depdiknas. Pedoman Penyusun Usulan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroon Action research). Jakarta: Ditjen Dikti,2005.
Daryanto. (2016). Media Pembelajran . Yogyakarta: Gava Media.
Ernawati. (2016). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan ilmu pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
KBBI, (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [ Online, diakses tanggal 8 Mei 2008].
Mohammad, Surya (1999). Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Majidah. Korelasi Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia Di SMA Pontianak, Jurnal Diterbitkan tahun 2013.
Rangkuti, Efridayanti, 2018. Upaya Meningkatkan Self Confidence Dalam pembelajaran Matematika Melalui Metode Inquiry Siswa Kelas Vll SMPS Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara: Padangsidimpuan.
Published
2023-07-06
How to Cite
Sitompul, N., Hasibuan, E., & Sulastri Lubis, S. (2023, July 6). PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP N 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 8-10. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5281