model pembelajaran ICM pemecahan masalah

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK

  • Nur Jamila Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra
Keywords: model pembelajaran ICM pemecahan masalah

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan ICM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Bolak. Hal ini dilihat dari cara siswa menjawab soal yang diberikan guru, dimana siswa belum bisa menjawab soal tersebut sesuai dengan indicator kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengatasi masalah tersebut penelitian menyarankan upaya dengan penggunaan model pembelajaran ICM. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI dengan jumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunaka Random Sampling. Yang menjadi sampel penelitian kelas XI (dua) dengan jumlah ????5 siswa, Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One-group Pretest-Postest design. Dan teknik pe…

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta. Rineka Cipta.
Fathoni, . 2006. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitataif. Bandung : Graha Ilmu
Indah Suryo Wati, 2018, Strategi Pembelajaraan Index Crd Match Dalam Pembinaan Kemempuan Berpikir Tingkat Tinggi Objek Ipa Dan Pengamatan, Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Raden Intam Lmpung.
Nur Insan , 2020, Efektifitas Model Pembelajaran Index Card Mtch (ICM) Terhadap Hasil siswa kelas VI SD Negeri 65 Pajaleseng kota Palopo. Jurnal mahasiswa Universitas Muhammadiah Makassar
Polya 1985, Strategi pembelajaran metrematika, Bandung Graha Ilmu
Rangkuti, 2016. Metodelogi Penelitian Kuanitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rangkuti.2016. MetodePenelitian Kuantitat…
Published
2024-03-05
How to Cite
Siregar, N., Harahap, M., & Elindra, R. (2024, March 5). model pembelajaran ICM pemecahan masalah. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 64-72. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5354