PENERAPAN MODEL PEMBELJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

  • Nuriah Sri Rohma Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: model pembelajaran AIR, pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siswa kelas VIII SMP  Negeri 4 Padangsidimpuan. Populasi  dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 216 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  Cluster Sampling di kelas VIII-5 yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yakni untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR. Teknik pengumpulan data diperoleh Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis deskriptif dan Statistik Inferensial digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil perehitungan  pada analisis  deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata-rata penggunaan model pembelajaran AIR sebesar 3,80 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa  sebelum penggunaan  model pemebelajaran AIR  mencapai nilai rata-rata 68,00 termasuk dalam kategori” cukup” dan sesudah menggunakan  model pemebelajaran AIR  mencapai nilai rata-rata sebesar 87,00  termasuk dalam kategori “sangat baik”. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0-,000 < 0,05. Artinya “Kemampuan  pemahaman konsep matematis siswa  di kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan efektif dengan penerapan penerapan  model pembeljaran  auditory intelectually repetition (AIR)”.

References

Arikunto, Suharismi. 2009. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharismi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, M. Burhan. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta:
Freddy, Rangkuti. 2016. Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia
Nasution, Angraini Anggi, Muhammad Syahril Harahap, Rahmatika Elindra. 2022. Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal MathEdu. Volume 5 Nomor 1. 1-12.
Nirmalasari. 2016. Pengantar Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural di Kabupaten Bungo. Bungo. Gre Publishing.
Saebani, Beni Ahmad. Yana. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung :CV Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina. 2018. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Satori, Djam’an, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Silalahi, Ulber, 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Siregar, Hotmaida Lestari, Yulia Pratiwi Siregar dan Lukman Hakim. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal MathEdu. Volume 3 Nomor 3. 1-9.
Sudijono, Anas, 2009. Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Suryani, Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Edisi 1. Prenadamedia Groub. Jakarta.
Suryani, Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Edisi 1. Prenadamedia Groub. Jakarta.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Published
2023-11-06
How to Cite
Harahap, N., Siregar, E., & Harahap, M. (2023, November 6). PENERAPAN MODEL PEMBELJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 83-89. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/5358