EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 PADANGSIDIMPUAN

  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sinar Depi harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Febriani Hastini Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Helmi Sianturi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Tujan penelitian dari penelitian adalah  untuk  mendeskripsikan  keefektifan  penggunaan  model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) pada  kemampuan  berpikir  kritis matematika  siswa  pada  siswa kelas  VII  SMP  Negeri  11  Padangsidimpuan.  Penelitian  ini  dilakukan  dengan  menerapkan eksperimen (One Group Pretest-posttest Design) dengan 24 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik  cluster random  sampling dari 72 siswa. Observasi dan tes digunakan  dalam  mengumpulkan  data. Berdasarkan  analisis  deskriptif,  ditemukan:  (a)  rata-rata menggunakan model pembelajaran  Self Organized Learning Environments (SOLE) adalah 3,6 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata    kemampuan    berpikir    kritis matematis siswa  sebelum  menggunakan model pembelajaran : model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE), kemampuan berpikir kritis adalah 69.17 (kategori sedang) dan setelah menggunakan model pembelajaran : model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE), kemampuan berpikir kritis adalah 80.75 (kategori tinggi). Selanjutnya, dengan menggunakan uji t-test dan  N-Gain,  hasilnya  menunjukkan  nilai  signifikan  kurang  dari 0,05  (0,000 <0,05)  dan  g  =  0,46.  Ini  berarti  menggunakan  model  pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) memiliki efektifitas yang sedang pada kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

References

Alfina, N. S., Harahap, M. S., & Elidra, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sma Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu, 4(1), 97–106.
Harahap, L. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di SMK Kesehatan Sidimpuan Husada. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2621–9832), 39–48.
Hasibuan, L., Elindra, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Di Tinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi. JURNAL MathEdu …, 5(1), 48–52.
Luthfiana, M., & Wahyuni, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(1), 50–57.
Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE ( Self Organized Learning Environments ) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–78.
Pradina, P., & Kurniyati, T. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. 6(c), 89–97.
Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahayu, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Junal Paradigma, 12, 88–106.
Published
2023-11-06
How to Cite
Harahap, M., harahap, S., Nasution, F., Nasution, N., & Sianturi, H. (2023, November 6). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 34-41. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.5363