UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PENGUMUMAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO 100724 PADANG LANCAT

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Syamsuraidah .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi  belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Pengumuman. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No 100724 Padang Lancat dengan jumlah


12 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah silabus, RPP. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian dua silus tersebut menunjukkan adanya peningkatan  motivasi belajar siswa, dimana pada siklus I hasil rata-rata skor siswa sebesar 60,19. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan cukup tinggi dengan hasil rata-rata skor siswa sebesar 83,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerpan metode problem solving dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri No 100724 Padang Lancat.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
Bagian
Articles

Referensi

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka. Cipta.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal, dkk.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama. Widya.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gino, HJ, dkk, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: UNS Press
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembanngan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
M Ngalim, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Prayitno, Elida. (1989). Motivasi dalam Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M Ngalim, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Yulia,Eva,dkk (2021) :Bahasa Indonesia Kelas IV SD.Jakarta:Pusat Kurikulum
dan Perbukuan Kementrian Pendidikan