EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

  • Kevin Sahrony Hasibuan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sinar Depi Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Suatu pendekatan yang memberi kesempataan kepada siswa untuk mengekspolorasi permasalahan dengan berbagai cara sehingga dapat menghasilkan suatu pemecahan baru adalah pendekatan open-ended. Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran dapat merangsang peningkatan pemecahan masalah.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan model pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4Padangsidempuan dalam setiap aktifitas manusia di berbagai bidang. Matematika juga sebagai sarana berpikir logis, analisis, kreatif, dan sistematis.Dalam pembelajaran matematika pemecahan masalah merupakan inti pembelajaran yang merupakan kemampuan dasar dalam proses pembelajaran. Kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan harus dimiliki agar mampu mengatasi persoalan yang berkaitan dengan materi sekolah. Pemecahan masalah memuat empat langkah penyelesaiannya yaitu 1) memahami masalah, 2) merencanakan masalah, 3) menyelesaikan masalah sesuai rencana dan 4) melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang dikerjakan. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah tersebut perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen jenis One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. peneliti menggunakan Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara acak, dimana yang diacak adalah kelasnya. Pengacakan dilakukan dengan cara diundi dengan gulungan kertas, sehingga gulungan yang terambil itulah yang menjadi sampelnya. Yang mana peneliti menentukan subjek dengan teknik cluster sampling  yaitu kelompok (kelas), sedangkan menentukan objeknya dengan random sampling. Setelah peneliti mengundi lima kelompok (kelas), maka yang terpilih menjadi sampel penelitian ini adalah siswakelas VIII, yaitu kelas VIII 3 dengan jumlah 30 siswa.  Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan mengguanakan instrument tes berupa pre-test dan post-test untuk siswa. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0.05.

Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pendekatan open-ended dalam memecahkan masalah matematika.

References

Ahmad, M, Nasution, D P, Harahap, T. (2020). Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama Dengan Pendekatan Open-Ended.Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal)), 8(2): 320-327.
Ahmad, M, Siregar, S.M, Nasution, F.H, dan Nasution, N.F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Penerapan Teorema Pythagoras.Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). 4 (1):71-79.
Ahmad, M. Siregar, Y.P. & Siregar, N.A. (2018). The Effectiveness of Realistic Mathematics Learning Model Based on Mandailing Culture in Teaching of Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Atlantis Press, ICM2E 2018 (International Conference on Mathematics and Mathematics Education ) 285: 13-137.
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jurnal Mosharafa. 6 (3): 373-384.
Andriani, Y. N., & Madio, S. S. (2013).Perbandingan Kemampuan Berpikir Reflektif antara Siswa yang Mendapatkan Pendekatan Open Ended dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 135-144.
Anna Rosmita, A. Nasution, H.N. & Ahmad, M.. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 19-29.
Lubis, R. Harahap, T. Ahmad, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang 4 (2), 121-132.
Marzuki, Karim, A., & Marisa, R. (2014). No Title. In Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Open-Ended Problem dengan Pendekatan Realistik pada Topik- Topik Esensial Matematika Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru SD (pp. 8–14).
Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 105–111. https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824
Rangkuti, A. N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Riskiani., Ahmad, M. & Lubis, J.R. (2019). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori
Riskiani., Ahmad, M. & Lubis, J.R. (2019). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbentuk Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA N 1 Panyabungan Utara. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). 2 (3): 75-81.
Rohani, M Ahmad, M. Lubis,I.S., Nasution, D.P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11 (1), 504-518.
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239-246.
Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Simatupang, T., Ahmad, M., & Siregar, E.Y. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa SMK. Jurnal MathEdu(Mathematic Education Journal). 5(1) : 112-123.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta: CV. Alfabeta.
Published
2023-11-06
How to Cite
Hasibuan, K., Ahmad, M., & Harahap, S. (2023, November 6). EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 52-63. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.5389