Studi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng di Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan

Main Article Content

Muhammad Azkal Azkiya Muhammad Syahril Harahap

Abstract

Etnomatematika merupakan sebuah terobosan konsep matematika yang terdapat suatu budaya yang
dikaitkan dengan matematika. Hadirnya matematika yang berbaur budaya akan memberikan
kontribusi atau sumbangan yang teramat besar terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan etnomatematika pada permainan tradisional
kelereng. Metode etnografi digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Dokumentasi, wawancara, dan
kajian literatur langsung merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Metode
pemeriksaan informasi dilakukan dengan penurunan informasi, penyajian informasi dan penyelidikan
informasi serta penyajian informasi. Hal ini beralasan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa
putaran konvensional kelereng memiliki etnomatematika yang berhubungan dengan ide-ide numerik
termasuk ide-ide matematika seperti lingkaran, bola, segitiga dan lebih jauh lagi ide jarak. . Geometri
dan jarak dapat diperkenalkan dan dipahami melalui budaya lokal dengan menggunakan konsep
matematika.

Article Details

How to Cite
Azkiya, M., & Harahap, M. (2025, June 30). Studi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng di Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 163-171. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.5400
Section
Articles

References

Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Dan Farahsanti, I. (n.d.). Etnomatematika dan
Pemecahan …| 111.
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). ETNOMATEMATIKA PERMAINAN
KELERENG. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3
Gilang Resfaty, A., Muzdalipah, I., & Hidayat, E. (2019). STUDI ETNOMATEMATIKA:
MENGUNGKAP GAGASAN DAN POLA GEOMETRIS PADA KERAJINAN ANYAMAN
MENDONG DI MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA. Journal of Authentic
Research on Mathematics Education (JARME), 1(1).
Hardiarti, S. (2017). ETNOMATEMATIKA: APLIKASI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA
CANDI MUARO JAMBI (Vol. 8, Issue 2).
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217–232.
Jumri, R. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan (MannaBengkulu Selatan). In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 04, Issue 02).
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Lisgianto, A., & Suhendri, H. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang
Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat, 8(1).
Lusiana, D., Hanif Afriani, N., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika
Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. In Jurnal Pendidikan MatematikaRaflesia (Vol. 04,
Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Riza, M., Fajriah, N., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Materi
Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berbasis Etnomatematika. Jurnal
Derivat, 9(1).
Semarang, U. N. (n.d.). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya
Zaenuri, Nurkaromah Dwidayati. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Setiawan Abdullah, A. (2017). ETHNOMATHEMATICS IN PERSPECTIVE OF SUNDANESE
CULTURE. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16.