KUALITAS AKOMODASI PARIWISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI OBJEK WISATA PANTAI SORAKE KECAMATAN LUAHAGUNDRE MANIAMOLO

  • Gregorius Angga Universitas Nias Raya
Kata Kunci: Kualitas akomodasi pariwisata, pemberdayaan masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas akomodasi pariwisata dalam pemberdayaan masyarakat di objek wisata pantai Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo.Penelitian ini, membahas tentang kualitas akomodasi pariwisata dimana kualitas yang dimaksud sebagai pelayanan serta fasilitas yang diberikan kepada wisatawan.Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan tersebut maka perlu adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat, dimana pemberdayaan masyarakat merupukan suatu kegiatan mengajak masyarakat untuk mengenal dan mengembangkan potensi yang dimiliki.Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Instrumen atau alat penelitian ini yaitu peneliti sendiri, dengan memilih calon informan yang terdiri dari 4 orang responden sebagai informan kunci serta melihat kepakarannya.Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa (1) kualitas akomodasi yang di sediakan masih belum memenuhi kebutuhan wisatawan. (2) belum adanya kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat setempat dalam mengembangkan dan membangun objek wisata di pantai sorake. Kesimpulan dari penelitian ini kualitas akomodasi pariwisata di objek wisata Pantai sorake masih belum bisa memenuhi secara keseluruhankebutuhan wisatawan karena, akomodasi di Pantai Sorake hanya terfokus pada penyediaan penginapan, tanpa memperhatiakan kebutuhan wisatawan yang lain seperti penyediaan tempat hiburan, souvenir shop, torism trip dan event budayadanPemberdayaan masyarakat perlu dilakukan terhadap masyarakat. Saran, hendaknya masyarakat di pantai Sorake tidak hanya terfokus pada pembangunan penginapan namun perlu diciptakan hal-hal baru yang dpat menarik perhatian wisatawan serta perlu adanya kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat di pantai Sorake.

Referensi

Ardianto, Elvinaro 2012.Komunikasi pembangunan perubaha sosial.Jakatra : PT RajaGrafindo
Kottler, dan Keller. 2008. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Graha Media.
Moleong, Lexi J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakayia Offset IKAPI.
Sandjaja. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Rineka Anggota IKAPI.
Sangadji, dan Sopiah. 2013. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Soehartono, dan Iriana.2008. Metode Penelitian Sosial.Bandung : PT. Remaja Rosakarya.
Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi.Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Suharto, Edi 2005.Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.
Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi.
Thorin.2013. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling.Jakarta : PT Raja Grafindo Persad.
Wahab, Salah. 1992. Manajemen Kepariwistaan. Jakarta : PT Pradnya Paramita
Yoeti. 1996. Pemasaran Pariwisata. Bandung : Angkasa.
Sumber dari Artikel dan Karya Tulis Ilmiah
Aprilia, Aimmatul (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Inovasi Pengelolaan Kedelai Menjadi Cookies Tempe Untuk Meningkatkan Perekonomian Di Desa Wonoasri Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun.
Sarumaha, Martiman, S. 2009. Pengembangan Potensi Kawasan wisata Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat.Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. (Online). http://repository.upi.edu
Martono, Edhi (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali)
Sumber dari Internet
Agustini, Ariana, dan Widyamatja, 2018. Identifikasi Dan Persepsi Wisatawan Terhadap Capsule Hotel Di Kuta Bali.(Online) Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas VOL. 2, NO. 1, Hal. 25,27,167.
Munavizt, 2010.Analisis Kebutuhan Wisatawan Dalam Memilih Akomodasi. (Online) Jurnal Pengembangan Pariwisata, VOL. 6, NO. 3, Hal.120, 150.
Resnawaty, dan Risna. 2016. Strategi community practice dalam pengembangan Pariwisata Berbasis masyarakat. (Online) Social work Jurnal, VOL. 6, NO.1, Hal. 117.
Sari, dan Rosnida, 2016.Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan usaha pariwisata.(Online) Jurnal AL-Bayan, VOL. 22, NO. 34, Hal. 55.
Soleh, 2014. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pariwisata. (Online) Jurnal IPTA, VOL. 3, NO. 1, Hal. 151.
Soedarso, Sutikno, dan Sukardi, 2016. Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Parigi Moutong. (Online) Jurnal Masyarakat, Kebudayaan, Dan Politik, VOL. 29, NO.3, Hal. 164, 165.
Suryadharma, dan Nurcahya, 2015.Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Pada Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Pesona Di Denpasar Timur. (Online) E-Jurnal Manajemen Unud, VOL. 4, NO. 4, Hal. 932.
Sasmita, dan Wazir, 2006.Analisis Kesempatan Kerja Di Bidang Pariwisata. (Online) Jurnal Analisis Pariwisata, VOL. 17, NO. 2, Hal.39, 50.
Diterbitkan
2023-08-16