Systematic Literature Review: Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Sekolah Dasar

  • Atika Maulidina Hs Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Subrata Universitas Negeri Surabaya
  • Hitta Alfi Muhimmah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran dapat digunakan untuk menimbulkan motivasi belajar peserta didik hingga
akhirnya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis studi primer terkait penggunaan media pembelajaran pada materi
pecahan sekolah dasar siswa sekolah dasar dari tahun 2018-2023. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan
data dilakukan dengan mendokumentasi 33 artikel yang publish dalam rentang tahun 2018-2023
pada jurnal nasional sinta 1-6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada rentang tahun
tersebut, jenis media yang banyak digunakan dan terbukti berdampak positif terhadap pemahaman,
hasil belajar, minat maupun focus siswa pada materi pecahan jenjang sekolah dasar adalah jenis
media visual yaitu sebanyak 19 artikel. Jenis media lainnya yang juga sering dipakai adalah
multimedia yaitu sebanyak 10 artikel. Sedangkan penggunaan jenis media audio visual masih
sedikit yaitu sebanyak 4 artikel. Selain itu, belum ditemukan artikel yang menggunakan jenis
media audio

References

Adaba, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan Media Papan Flanel Pecahan Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 322–330.
Afiani, K. D. A., & Faradila, M. N. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Surabaya Materi Pecahan Berbantu Media Folding Paper. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 89–97.
Anggraeni, A. F., Subekti, E. E., & Reffiane, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Daring “Si Pipa” Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SD . DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 384– 394.
Apriyasha, F. A., Hidayat, T., & Anita, N. (2019). Pengembangan Media Kit Pembelajaran untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar terhadap Materi Pecahan Sederhana. Jkpm: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 163–172.
Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan , 4(3), 479–485.
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 24 Cakranegara. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 96–103.
Budiyanto. (2021). Bingkai Pecahan Berbasis Mikir untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 225–240.
Damarsari, R. (2017). Efektivitas penggunaan media patama terhadap prestasi belajar matematika siswa berkesulitan belajar matematika kelas II di SDN bangurejo 2 yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(7), 253.
Darsinah, & Nuryati. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 153–162.
Delis, I., & Wibowo, E. W. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Manipulatif Mika Transpaan terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. Ibtidai: Jurnal Kependidikan Dasar ,

7(1), 19–36.
Fadillah, N. F., & Nurafni. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Berbagai Bentuk Pecahan Penjumlahan dan Pengurangan di Sekolah Dasat. Aksioma: Jurnal Program Stud Pendidikan Matematika, 11(3), 1933–1942.
Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika.
Must: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31–42.
Febriyandani, R., & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323–330.
Giyanto, & Ghoni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Virtual Smart Fraction Berbasis Adobe Flash. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 927–933.
Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual pada Masa Pandemi Covid-19. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 254–261.
Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 87–93.
Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan.
IKAP & APPTI.
Hidayati. (2023). Penerapan Media Benda Konkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 496–509.
Inayati, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN 6 Mataram. Media Bina Ilmiah, 13(8), 1529– 1536.
Indrawan, I., Wijoyo, H., Wiguna, I. M. A. W., & Wardani, E. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Pena Persada.
Indrawati, D., & Cahyanti, D. N. (2018). Alternatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Papan Arsir. Jurnal Inventa, 2(2), 74–82.
Istafada. (2022). Penggunaan Media Pagarbilang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membandingkan Pecahan Berpenyebut Beda. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 1017–1034.
Jayanti, N., & Setyawan, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN 2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017 2018. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 1–8.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Kemendikbud. (2020). Peta Jalan Pendidikan Indonesia (2020-2035) (p. 19).
Peta Jalan Pendidikan Indonesia (2020-2035), 19 (2020).
Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856.
Kurniawan, D., L, E. N., Hdayat, S., & Muharram, M. R. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Prezi pada Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. PADARINGAN: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 4(3), 131–139.
Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, I. P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital untuk Pembelajaran Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103–116.
Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46.
Marleni, A. J., Friansyah, D., & Satria, T. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Math Bingo pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SD. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 160–167.
Meilandari, N. K. M., & Asril, N. M. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Video Scribe pada Penjumlahan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar . Mimbar PGSD Uniksha, 10(3), 508–511.
Mufidah, Lahinta, Y., Akina, Azizah, Nuraini, & Khairunnisa. (2022). Pengembangan Media Kado Pecah pada Materi Pecahan Senilai di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8018– 8025.
Mustamin, St. H. (2018). Penggunaan Alat Peraga dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 170–182.
Nabila. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget.
Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.
Nafisah, F. V., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Sparkol Videoscribe terhadap Motivasi Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 695–702.
Nanang, & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 9(1), 71–82.
Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Permata Net. Ningtyas, Y. D. W. K. (2019). Media Pembelajaran Matematika . Mahameru Press.
Nunuk Suryani, Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 111–119.
Pujianingtyas, E. N., & Saputra, H. J. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257–263.
Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
, 5(4), 2440–2448.
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Ramdan, A. Y., & Atiaturrahmaniah. (2019). Pengembangan Media Pleace O’clock pada Pokok Bahasan Pecahan untuk Siswa SDN 4 Jenggik. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 165–178.
Rayandra, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta . Restiani, I. N., Putriani, I., & Anindia, D. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Separo untuk
Pelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan, 6(2), 193–201.
Rohani, M., & Zulfah. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok . Mathema Journal, 3(1), 44–55.
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik , 7(2), 1–9.
Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino

Pecahan sebagai Media Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1–12.
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Widyasusanti, M., Sarifah, I., & Usman, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Moodle pada Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasat. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 3(1), 1–15.
Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar . Mathema Journal, 4(1), 58– 66.
Windarti, A. S., Wardana, M. Y. S., & Saputro, B. A. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Video Materi Matematika Pecahan Secara Daring di Sekolah Dasar . Dikdas Matappa: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 53–61.
Yanti, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar tentang Pecahan dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 31–39.
Yantoro, Hayati, S., & Ulya, L. (2021). Analisis Kemampuan Kognitif Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring di Kelas V Sekolah Dasat. SEJ (School Education Journal), 11(1), 51–58.
Zainiyati, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Ama Islam. Kencana.
Published
2023-12-05
How to Cite
Hs, A., Subrata, H., & Muhimmah, H. (2023, December 5). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 110-123. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.5512