ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MAS ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE

  • Sarah Nadia FKIP Universitas Syiah Kuala
  • Usman Usman FKIP Universitas Syiah Kuala
  • Ellianti Ellianti FKIP Universitas Syiah Kuala
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence

Abstract

Berfikir secara logis dan kritis hanyalah salah satu dari banyak keterampilan matematika yang perlu diasah oleh para siswa SMA atau MA. Pada titik lain, kepercayaan diri siswa memiliki peran penting dalam penyelesaian suatu persoalan. Akan tetapi, hasil nyata menunjukkan bahwa kemampuanberpikir kritis siswa perlu ditingkatkan karena belum sesuai ekspetasi. Tujuan dari studi ini yaitu untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengatasi masalah matematika dari sudut pandang kepercayaan diri siswa. Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif, dengan subjek yaitu 19 siswa kelas X IPA 3 MAS Ulumul Quran Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui survei kepercayaan diri, tes keterampilan berpikir kritis, dan panduan wawancara. Analisa data melibatkan reduksi, presentasi data, analisa, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kepercayaan diri yang tinggi menunjukkan lebih banyak indikator berpikir kritis dibandingkan dengan siswa dengan kepercayaan diri yang moderat dan rendah. Dalam konteks ini, diharapkan para guru dapat memberikan dukungan dalam bentuk metode dan pembelajaran matematika yang mendorong peningkatan kepercayaan diri, yang akhirnya berdampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

 

 

References

Ameliah, I. H., & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa self confidence siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTs negeri 1 Kota Cirebon. Eduma: Mathematics education learning and teaching, 5 No.1 , 9-21.
Arif, D. S. F., Zaenuri, Z., & Cahyono, A. N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan google classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 323-328).
As’ari, A. R. (2017, July). Pembelajaran matematika qur’ani. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 666-673).
Dassa, A., & Nursakiah, N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan kelas VII SMP NEGERI 3 PALLANGGA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 119-125.
Edianto, Darwis, M, & Ilhamuddin. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari perbedaan gaya kognitif. Infinity: Jurnal matematika dan aplikasi (IJMA). 3(1). 12-18
Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).
Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh self confidence siswa SMP terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
Hidayat, M, Triyana, V, & Sari, A. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dan adversity quotient siswa SMP. Jurnal Elemen. 5(2). 242-232
Johnson, E. B., Sitompul, I., & Setiawan, I. (2010). CTL Contextual teaching & learning: Menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.
Lauster, P. (2001). Tes kepribadian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Noriza, D., Waluya, B., & Rochmad. (2017). Analysis of creative thinking mathematical and self regulation learning in senior high school students. International Journal of Contemporary Applied Sciences, 4, 71-79.
Nurpalah, R., & Setyawidianingsih, N. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Journal on Education, 01 No. 02, 353-364.
Rizza, H. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 294-300.
Sintiya, A, Hasan, B, & Affa, M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan maslaah logaritma berdasarkan gaya kognitif visualizer-verbalizer. Jurnal Soulmath. 9(1). 57-74.
Sugiyono. (2017). Metodologi penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45.
Umam, K. (2018). Profil berpikir geometris vanhiele siswa penghafal Al-Qur’an dalam memahami hubungan antar segiempat berdasarkan gaya belajar dan tahap perkembangan kognitif piaget. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi.
Yates, S. M. (2002). The influence of optimism and pessimism on student achievement in mathematics. Mathematics Education Research Journal, 14(1), 4-15.
Published
2023-11-06
How to Cite
Nadia, S., Usman, U., & Ellianti, E. (2023, November 6). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MAS ULUMUL QUR’AN BANDA ACEH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 76-82. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.5558