UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS AUFA ROYHAN
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis bukan hanya diperlukan pada jenjang menengah ataupun atas tetapi juga diperlukan pada jenjang yang lebih tinggi sebagai salah satu kemampuan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitiannya dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Program Studi Kewirausahaan Universitas Aufa Royhan Kota Padangsidimpuan yang berjumlah sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes dalam bentuk essay dan teknik observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan Triangulasi Data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa sebesar 97% dari pertemuan ke- 1 dan pertemuan ke-2. Peningkatan tersebut terjadi akibat motivasi belajar mahasiswa yang meningkat. Peningkatan motivasi belajar mahasiswa berdampak terhadap pencapaian mahasiswa dalam menguasai keempat indikator dari kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada Program Studi Kewirausahaan
References
Dini, M. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP di Kota Cimahi pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, 5, 1145 – 1150
Fadhila, EH., dkk. 2014. Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2). 26 – 30
Hidayana, A.F. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan. Vol. 14 No. 01 Hal. 195 -210
Mawaddah, S., Jannah, R. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas XI SMA. EDU – MAT Jurnal Pendidikan Matematika 4 Nomor 2.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. www.nctm.org
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta
. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta