ANALISIS DAYA PEMBEDA BUTIR PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK DENGAN METODE TEORI TES KLASIK

  • Siti Nurhayati Universitas Tanjungpura
  • Halini Halini Universitas Tanjungpura
  • Tari Indriani Universitas Tanjungpura
Keywords: Daya Pembeda, Teori Tes Klasik, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Tengah Semester Ganjil mata pelajaran matematika wajib kelas X Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari daya pembeda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Soal yang diuji kan berbentuk pilihan ganda (multiple choice) berjumlah 34 butir soal. Data di analisis dengan pendekatan Teori Tes Klasik menggunakan bantuan salah satu aplikasi yaitu software Microsoft Excel. Berdasarkan hasil perhitungan dan pencocokan indeks daya pembeda menunjukkan bahwa sebanyak 8 butir soal atau 23.53% memiliki kriteria daya pembeda jelek, 15 butir soal atau 44.12% memiliki daya pembeda cukup, 8 butir soal atau 23.53% memiliki daya pembeda baik, dan sisanya 3 butir soal atau 8.82% tergolong kategori tidak baik. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa butir soal Penilaian Tengah Semester berbentuk pilihan ganda dengan materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak mata pelajaran matematika wajib kelas X Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak berdasarkan Teori Tes Klasik ditinjau dari indeks daya pembeda menunjukkan hasil yang cukup baik.

References

Amelia, M. A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Materi Pecahan untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2, Cetakan keempat). Jakarta: Bumi Aksara.
Firmansyah, H. (2018). ANALISIS BUTIR SOAL TES PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN PENDDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS VIII SMP N 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 7(12).
Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133
Fortuna, C. D., & Setiadi, S. (2022). Analisis Pengaruh Surat Paksa Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Atas Penghasilan Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Wpop Pada Kpp Pratama Bekasi Barat Periode 2016-2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 79–88.
Lubis, S. S., Syarifuddin, S., & Dongoran, H. (2018). Analisis Butir Soal Dan Kemampuan Siswa Menjawab Tes Un Dan Uas Ganjil Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sman/Man Di Kota Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3).
Nasional, D. P., & KURIKULUM, P. (2006). Model Penilaian Kelas. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan (cetakan ke-13). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-03-05
How to Cite
Nurhayati, S., Halini, H., & Indriani, T. (2024, March 5). ANALISIS DAYA PEMBEDA BUTIR PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK DENGAN METODE TEORI TES KLASIK. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 57-63. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5681