PROBLEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU

  • khofifah Alawyah Universitas Negeri Padang
  • Febrina Aulia Universitas Negeri Padang
  • ilvi nirma husni Universitas Negeri Padang
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • waskito Waskito Universitas Negeri Padang

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi dalam dunia pendidikan dengan tujuan memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada sekolah dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Namun, implementasi Kurikulum Merdeka di lapangan tidak selalu berjalan mulus. Artikel ini membahas beberapa problematika yang muncul selama proses implementasi kurikulum ini. Salah satu tantangan utama adalah ketidakjelasan panduan dan pedoman yang dapat mengakibatkan variasi pelaksanaan di antara sekolah-sekolah. Selain itu, kurangnya sumber daya dan pelatihan untuk guru dalam mengadaptasi kurikulum baru juga menjadi hambatan serius. Selanjutnya, resistensi terhadap perubahan dari berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, dan peserta didik, dapat mempengaruhi efektivitas Kurikulum Merdeka. Pentingnya mendalaminya dampak dan kendala implementasi Kurikulum Merdeka merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa inovasi ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan visi dan misinya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi solusi yang efektif guna meningkatkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan tuntutan perkembangan masyarakat dan global

References

Amalia, N., Arifin, J., Ismail, L., Studi, P., Sosiologi, P., & Muhammadiyah Makassar, U. (2023). Journal of Education Social and Development Problematika Implementasi kurikulum Merdeka Belajar (studi Kasus Pada Guru di SMK Negeri 1 Pangkep). 2, 261–267. https://etdci.org/journal/ijesd/index
Farida Jaya. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas tarbiyah dan Keguruan
Jenny Indrastoeti, dan S. I. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. UNS Press.
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT Bumi Aksara
Valverde, G., Bianchi, L.J., Wolfe, R.G., Schmidt, W.H., & Houang, R.T. (2002). According to The Book: Using TIMSS to Investigate the Translation of Policy into Practice Through the World of Textbooks. Springer Science+Business Media.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Published
2024-03-05
How to Cite
Alawyah, khofifah, Aulia, F., husni, ilvi, Jalinus, N., & Waskito, waskito. (2024, March 5). PROBLEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5710