Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Statistika Di MTsS Kesuma LKMD

  • Siti Khadijah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Alya Fahira Berutu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sarah Nabillah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Yuni Sartika Tarigan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ramadhani . Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: indonesia, english

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi statistika di MTsS Kesuma LKMD.  Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII 3 berjumlah 24 orang siswa dan sampel pada penelitian ini yaitu 3 orang siswa yang merupakan hasil dari teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: siswa salah dalam mengubah informasi yang diberikan ke dalam ekspresi matematika, siswa salah konsep, kesalahan dalam menafsirkan penyelesaian,tidak mebuat diketahui pada langkah pertama menjawab soal, tidak membuat kesimpulan, dan terdapat kesalahan dalam perhitungan. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah: kurang memperhatikan soal, kurang paham terhadap suatu materi, terburu-buru, dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan.

 

References

Agustina, R. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 10 Padang. Edu Sains, 15(1), 1-12.
Amalia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX di Cimahi Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika IAIN Bengkulu, 3(1), 57–64.
Ambarwati, S., & Utomo, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Students' Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 361-371.
Arif, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Menggunakan Teori Van Hiele. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 49-58.
Dmk, J. R. B., Syofra, A. H., Saragih, S. R. D., & ... (2022). Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita HOTS Pada Materi Statistika Menggunakan Media Pembelajaran Daring Dengan Cisco …. JEMS: Jurnal Edukasi …, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11307
Edy Prayogi, G., Sripatmi, S., Turmuzi, M., & Hapipi, H. (2021). Kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan ditinjau dari prestasi belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 481–489. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.73
Ernawati, N., & Gusriana, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(3), 501-512.
Febriana, Y., & Yuniarti, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 8 Padang Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 175-184
Juliana, H. S., & Hidayat, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa MTs Kelas VIII Di Bandung Barat pada Materi Statistika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1357–1364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1357-1364
Layn, R., & Kahar, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145.
Lestari, R., Aulia, N. I., & Mandasari, R. (2023). MTS LAB IKIP AL-WASHLIYAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL. 6, 431–437.
Mastuti, A. G. (2013). Inovasi Realistic Mathematic Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sebagai Bekal Bagi Mahasiswa Matematika Iain Ambon Untuk Kajian Matematika Smp. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 29–46.
Mukhlasin, A. dan M. H. P. (2020). Journal Research and Education Studies. Invention, 1(1), 33–43.
Mulyasa. (2007). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran yang berdayaguna dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, C. D. A., Puspita Sari, D., & Aisyah, S. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smk 3 Al-Washliyah Medan Pada Materi Statistika. Mathematic Education Journal (MathEdu), 6(1), 1–5. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Rahmasari, F., Lea, M. A., Aisawa, R., & Ramadhani, R. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Pada Materi Bilangan Real. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 4(1), 247–255. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.277
Rasanti, R., & Afrilianto, M. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Berdasarkan Taksonomi Bloom Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1569–1576. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1569-1576
Ruswati, D., Widia, ), Utami, T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Maju, 5(1), 269921. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/269921/
Salsabila Maharani, A., Chotimah, S., Senjayawati, E., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., … Barat, I. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Mengerjakan Soal Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1121–1128. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1121-1128
Siswo, D., Firmansyah, & Mawengkang, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal MathEducation Nusantara , 6(2), 163–168.
Soedjadi, R. (2000). Penilaian hasil belajar dan evaluasi program pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Suhartati, S., & Sari, W. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21-32.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 289–295. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3335
Published
2024-03-05
How to Cite
Khadijah, S., Berutu, A. F., Nabillah, S., Tarigan, Y. S., & ., R. (2024, March 5). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Statistika Di MTsS Kesuma LKMD. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 7-14. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5723