Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal dalam Bentuk Aljabar Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar

  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Kristiawati Kristiawati Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeksripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dalam bentuk aljabar berdasarkan kriteria Watson yang ditinjau dari gaya belajar kelas VIII MTsN Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 3 siswa dengan mewakili 1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditorial dan 1 siswa dengan gaya belajar kinestetik yang melakukan kesalahan kriteria Watson. Peneliti memperoleh data jenis kesalahan siswa dengan menggunakan tes materi yang terdiri dari 3 soal tentang bentuk aljabar dan hasil wawancara yang memuat indikator-indikator kriteria Watson. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitan ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa kelas VIII MTsN Parepare subjek yang melakukan kesalahan terbanyak melakukan jenis kesalahan diantaranya kesalahan data tidak tepat (inappropriate datat/id), kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), kesalahan data hilang (omitted dat/od), kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), kesalahan konflik level respon (response level conflict/rlc), kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), kesalahan masalah hirarki keterampilan (skill hierarchy problem/shp), kesalahan selain ketujuh kriteria (above other/ao). Dapat disimpulkan Kesalahan yang dilakukan bukan hanya satu kesalahan saja pada setiap soal, melainkan lebih dari satu kesalahan.

Author Biography

Kristiawati Kristiawati, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pendidikan Matematika

References

Alfina, S., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS Pada Materi Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 405-416. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10283
DePorter, & Hernacki. (2013). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mirzan Pustaka.
Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2315
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69-82. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
Lestari, M. F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V MI dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Statistika. The 3rd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies, 9, 121–135.
Malasari, P. N., & Afifaturrohmaniyyah, N. (2021). Problematika guru dalam mengajar materi aljabar di era pandemik coronavirus disease 2019 (covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 43-52. http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10083
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2). https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i2.3150
Murdiana, I. N. (2015). Pembelajaran pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Aksioma, 4(1), 1-11.
Ngura, E. R., Rahayuningsih, S., & Khasanah, F. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Siswa Kelas X SMK Shalahuddin 1 Malang. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 33-40.
Nurhikmah, S., & Febrian, F. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan integral tak tentu. Jurnal Tatsqif, 14(2), 218-237. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.30
Oktavira, S., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bentuk Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1307-1318. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p%25p
Rasitullah, S. A., Utariani, A., Sumartono, C., Semedi, B. P., & Susilo, I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Tinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Syntax Transformation, 2(02), 222-233. https://doi.org/10.46799/jst.v2i2.224
Solehah, M. (2018). SEMINAR NASIONA MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA 2 TAHUN 2018 1 Program Studi Tdris Matematika FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Desain Didaktis Materi Statistika MTs S PP Manbaul Ulum Cirebon Kelas VIII. 1–9.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bangdung : Alfabeta.
Teni, S. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290.
Wahyuningtyas, S. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pecahan Menurut Katagori Watson pada Siswa Kelas VA SDN Tegal Gede 01 Jember. UPT Perpustakaan Universitas Jember, 1–71.
Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakansoal cerita matematika materi aritmatika sosial ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165-190.
Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis hambatan belajar (learning obstacle) siswa SMP pada materi statistika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 76-86. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509
Published
2024-03-05
How to Cite
Usman, M., & Kristiawati, K. (2024, March 5). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal dalam Bentuk Aljabar Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 83-93. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5762