KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA DI SMA NEGERI 3 PONTIANAK
Main Article Content
Abstract
Tujuan riset ini untuk mengetahui gimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa untuk menyelesaikan soal yang mempunyai self-efficacy tinggi, sedang, serta rendah di siswa kelas X SMA Negeri 3 Pontianak. Riset ini memakai metode kualitatif deskriptif. Objek riset ini ialah 33 siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 3 Pontianak. Teknis tes diapakai pada riset ini sebagai teknik pengumpulan data. Tes angket self-efficacy serta tes keahlian pemecahan persoalan ialah alat bantu yang dipakai untuk riset ini. Perolehan riset ini ialah siswa atas self-efficacy tinggi mempunyai kecondongan telah bisa terpenuhi 4 indikator keahlian pemecahan masalah ialah mendalami persoalan, menyusun rencana penyelesaian, mealkukan rencana penyelesaian serta memerika lagi langkah penyelesaian, siswa atas self-efficacy sedang mempunyai kecenderungan sudah bisa terpenuhi 3 indikator keahlian pemecahan persolan ialah mendalami persoalan, mengatur rencana penyelesaian, serta melakukan rencana penyelesaian, serta siswa atas self-efficacy rendah mempunyai kecondongan cuma bisa terpenuhi 1 indikator ialah melaksanakan rencana penyelesaian.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Aziz, Abd. (2018). Landasan Pendidikan. Ciputat: HAJA Mandiri.
Hadayani, Isnaini. (2011). Penggunaan Model Method Dalam Pembelajaran Pecahan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi-Eksperimen pada Siswa Salah Satu SD Negeri di Jakarta Utara). Tesis Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung. Tidak Dipublikasikan.
Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajaran dan Pemecahan Masalah pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Subaidi, Agus. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Madura.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan. Medan: Perdana.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jambi: Edumatica, 2, (1), 36-44.