KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA DI SMA NEGERI 3 PONTIANAK

  • Icha Anggraini Universitas Tanjungpura
  • Asep Nursangaji Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, self - efficacy

Abstract

Tujuan riset ini untuk mengetahui gimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa untuk menyelesaikan soal yang mempunyai self-efficacy tinggi, sedang, serta rendah di siswa kelas X SMA Negeri 3 Pontianak. Riset ini memakai metode kualitatif deskriptif. Objek riset ini ialah 33 siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 3 Pontianak. Teknis tes diapakai pada riset ini sebagai teknik pengumpulan data. Tes angket self-efficacy serta tes keahlian pemecahan persoalan ialah alat bantu yang dipakai untuk riset ini. Perolehan riset ini ialah siswa atas self-efficacy tinggi mempunyai kecondongan telah bisa terpenuhi 4 indikator keahlian pemecahan masalah ialah mendalami persoalan, menyusun rencana penyelesaian, mealkukan rencana penyelesaian serta memerika lagi langkah penyelesaian, siswa atas self-efficacy sedang mempunyai kecenderungan sudah bisa terpenuhi 3 indikator keahlian pemecahan persolan ialah mendalami persoalan, mengatur rencana penyelesaian, serta melakukan rencana penyelesaian, serta siswa atas self-efficacy rendah mempunyai kecondongan cuma bisa terpenuhi 1 indikator ialah melaksanakan rencana penyelesaian.

References

Arikunto, Shuarsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara
Aziz, Abd. (2018). Landasan Pendidikan. Ciputat: HAJA Mandiri.
Hadayani, Isnaini. (2011). Penggunaan Model Method Dalam Pembelajaran Pecahan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi-Eksperimen pada Siswa Salah Satu SD Negeri di Jakarta Utara). Tesis Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung. Tidak Dipublikasikan.
Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajaran dan Pemecahan Masalah pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Subaidi, Agus. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Madura.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin. (2012). Pendidikan dan Pemberdayaan. Medan: Perdana.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jambi: Edumatica, 2, (1), 36-44.
Published
2024-03-05
How to Cite
Anggraini, I., Nursangaji, A., & Suratman, D. (2024, March 5). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA DI SMA NEGERI 3 PONTIANAK. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 111-117. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5795