Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Budaya Aceh Pada Materi Barisan Aritmatika Kelas X

  • Era Fazira STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya
  • Rismawati . STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Abstract

Penelitian bertujuan  menciptakan bahan ajar matematika yang dikaitkan dengan kebudayaan lokal pada materi Barisan Aritmatika yang dapat digunakan serta sesuai kebutuhan siswa.  Metode yang di gunakan pada pengembangan (R&D) yakni model ADDIE dengan menggunakan lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon siswa, dan soal tes. Berdasarkan penelitian diperoleh kelayakan produk dengan persentase 96% (sangat layak), respon angket siswa  dengan persentase  81% (Sangat baik), dan rata-rata nilai tes siswa 92 (Sangat baik). Penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis kebudayaan lokal mampu meningkatkan motivasi siswa dan keingintahuan siswa akan berbagai budaya yang bisa dikaitkan dengan materi Matematika lainnya.

Kata kunci : Bahan ajar, barisan Aritmatika, kearifan lokal.

References

Ambarsari, D. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Basic Education, 5(12), 1-1.121. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1781
Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERUPA BUKU SAKU BERBASIS ANDROID. 01(1), 63–70.
Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. JP2SD: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(2), 158–172.
Fitriani1, Wahidah2, & Junaidi3. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Kearifan Lokal Aceh. 4(1), 41–58.
Hardiyanti1, T. A., Syaf2, A. H., & A., T. T. W. (2022). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. 285–300.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan saintifik dan konstekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.
Koekasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048
Najuah, M. P., Pristi Suhendro Lukitoyo, M. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan kita menulis.
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. 4(1), 71–80.
Nuraini Latifah. (2022). INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. October. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
OECD. (2023). 2.4.3 PISA 2022 Results (Volume II): Learning During - and From - Disruption: Vol. II. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-ii_a97db61c-en
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Suci, Y. (2018). https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10 PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI KARAKTER-KEISLAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PROPINSI RIAU. 6(1), 104–118.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif,dan R&D. CV Alfabeta.
Published
2024-03-05
How to Cite
Fazira, E., & ., R. (2024, March 5). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Budaya Aceh Pada Materi Barisan Aritmatika Kelas X. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 73-82. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5798