PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA BERBASIS ETNOMATEMATIKA

  • Fara Febria STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya
  • Rismawati . STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika serta melihat keefektifan video tersebut pada proses pembelajaran matematika materi Barisan Aritmatika kelas X SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, dan subjek penelitian ini meliputi validator ahli materi, validator ahli media, dan peserta didik kelas  MAN Aceh Barat Daya. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu uji ahli materi sebesar 4,16 dengan kategori layak, uji ahli media sebesar 4,24 dengan kategori sangat layak, akseptansi peserta didik untuk kategori materi multimedia sebesar 4,32, desain dan fasilitas 4,32, dan efek paedagogi sebesar 4,11, sedangkan untuk mengukur keefektifan video tersebut diukur dengan soal tes, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 87,83 dengan kualifikasi tinggi. Jadi, video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi barisan aritmatika layak dan efektif digunakan ketika proses pembelajaran. Manfaat dari penelitian ini adalah peserta didik dan guru dapat menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kebudayaan untuk mempermudah interpretasi peserta didik terhadap materi yang bersifat abstrak dan dapat memotivasi peserta didik.

References

Dewi, P. D. P., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.876
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Manapa, I. Y. H. (2021). Etnomatematika: Kekayaan Budaya Kabupaten Alor Sebagai Sumber Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Numeracy, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.139
Dewi, P. D. P., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.876
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Manapa, I. Y. H. (2021). Etnomatematika: Kekayaan Budaya Kabupaten Alor Sebagai Sumber Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Numeracy, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1396
Mohd Saiboon, I., Musni, N., Daud, N., Shamsuddin, N. S., Jaafar, M. J., Hamzah, F. A., & Abu Bakar, A. (2021). Effectiveness of Self-Directed Small-Group-Learning Against Self-Directed Individual-Learning Using Self-Instructional-Video in Performing Critical Emergency Procedures Among Medical Students in Malaysia: A Single-Blinded Randomized Controlled Study. Clinical Simulation in Nursing, 56, 46–56. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2021.02.006
Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Smk Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685
Purnomo, H. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d (Issue January).
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
holeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979
Sriadhi. (2019). Instrumen Penilaian Multimedia Interaktif.
Surya, B., & Noriza, D. (2024). Studi Literatur : Implementasi Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka berbasis Etnomatematika. 3(1), 71–73.
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Ulya, H., & Rahayu, R. (2021). Mathematical Disposition of Students in Open-Ended Learning Based on Ethnomathematics. Journal of Education Technology, 5(3), 339. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.33535
Utami, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 116–124. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.184
Published
2024-03-05
How to Cite
Febria, F., & ., R. (2024, March 5). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA BERBASIS ETNOMATEMATIKA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 102-110. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i1.5799