EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 SIPIROK

  • Rahmatika Elindra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Yuni Lestari Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Thiking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 4 Sipirok. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest post test design. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sipirok dengan jumlah siswa 55 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan  menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII-A  dengan jumlah siswa 27 orang. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan uji paired t-test. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat ditemukan (1) rata-rata menggunakan model pembelajaran TAPPS adalah 3,6 (kategori baik) dan (2) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada sistem topik bentuk aljabar sebelum menggunakan model pembelajaran TAPPS adalah 51,33 (cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran TAPPS pada topic persamaan linear satu variabel adalah 89,89 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan paired samples test, (SPSS versi 26), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya, ada keefektifan penggunaan model pembelajaran Thiking Aloud Pair Problem Solving  pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada topik persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Sipirok.

References

Andi Fitriani, A. R. (2022:6). Pengertian Pendiidikan,Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur
Pendidikan. journal.unismuh , 6.
Arapu, L. (2018:230). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 17 Kendari. Jurnal Math Edu , Vol.9 No.2, 229-239.
Manullang, M. (20014:209). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran , Vol.21, 209.
Rahmatika Elindra, A. A. (2022:2). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Terhadap
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Math Edu , Vol.5 No.1, 2.
Rahmatika Elindra, S. A. (2022:134). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas VII
MTS Ar-Raudatul Hasanah Lumut. Jurnal Math Edu , Vol.5 No.3, 134.
Roslian Lubis, G. R. (2023:49). Efektivitas Model Pembelajaran Sole Terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Sidimpuan.
Jurnal MathEdu , Vol.6 No.2, 49.
Siregar, S. (2013:2). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PrenaMedia Group.
Sugiyono. (2014 :35-36). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014:161). Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: alfabeta.
Syaodih, N. (2010:151). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Published
2024-11-11
How to Cite
Elindra, R., Lubis, R., & Siregar, Y. (2024, November 11). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 SIPIROK. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.5814