PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE TEAM QUIZ DAN QUIZ INDIVIDU DI SD SWASTA XAVERIUS PADANGSIDIMPUAN

  • Lela Septiana Tambunan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra
  • Eva Yanti Siregar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi kemampuan paling mendasar didalam matematika yang harus dilatih guru kepada siswa. Metode pembelajaran yang bervariasi dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kemampuan pemecahan masalah dengan metode team quiz dan quiz individu. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas IV SD Swasta Xaverius Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode team quiz memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik dengan nilai rata-rata 80.8, siswa mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah menurut polya yaitu (1) memahami masalah, (2) membuat rencana, (3) melaksanakan rencana, (4) mengecek kembali. Pembelajaran dengan metode quiz individu memiliki kemampuan pemecahan masalah cukup baik dengan nilai rata-rata 67.41, siswa mampu memenuhi 2 indikator yaitu (1) memahami masalah (2) membuat rencana tetapi siswa bermasalah dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan mengecek kembali.

References

Aningsih.2021. "Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar"
Jurnalpendidikandasar.Diakses 9 September 2018
Published
2024-11-11
How to Cite
Tambunan, L., Elindra, R., & Siregar, E. (2024, November 11). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE TEAM QUIZ DAN QUIZ INDIVIDU DI SD SWASTA XAVERIUS PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 13-20. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.5830