Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII

  • Aldian Puji Pramana UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
  • Wharyanti Ika Purwaningsih UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
  • Prasetyo Budi Darmono UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Metakognitif

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Ajaran 2022/ 2023 dengan jumlah 6 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes, lembar pedoman wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan matematika tinggi terklasifikasi pada tingkat reflective use. (2) Kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan matematika sedang terklasifikasi pada dua tingkatan yaitu, pertama tingkat strategic use. (3) Kemampuan metakognitif siswa dengan kemampuan matematika rendah terklasifikasi pada tingkat aware use.

References

Arum, R. P. 2017. Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education: AlphaMath. Vol. 3, No. 1, Hal. 23-33.
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fitrih, D. M., Ardiana, N., & Pratiwi, Y. 2018. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 1, No. 1, Hal. 43-52.
Gaffar, A., Mahmud, R. S., Satriani, S., Halim, S. N. H., & Marup. 2021. Proses Berpikir Matematika Siswa Tipe Climber dan Tipe Camper Berdasarkan Langkah Bransford Stein. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 10, No. 2, Hal. 254-268.
Iskandar, S. M. 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Erudio: Journal of Educational Innovation. Vol. 2, No. 2, Hal. 13-20.
Mulyadi, S., Basuki, A. M. H., & Rahardjo, W. 2019. Psikologi Pendidikan (Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Nadia, G. A., & Suhendar, U. 2021. Tingkatan Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Teori Metakognitif Swartz & Perkins. Tersedia: http://eprints.umpo.ac.id/6968/
Saputra, N. N., & Andriyani, R. 2018. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Vol. 7, No. 3, Hal. 473-481.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Semarang: Bumi Aksara.
Sunendar, A. 2017. Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol. 2, No. 1, Hal. 86-93.
Suryaningtyas, S. & Setyaningrum, W. 2020. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Kelas XI Program IPA Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 1, Hal. 74-87.
Yamin, M. 2019. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Published
2024-07-04
How to Cite
Pramana, A., Purwaningsih, W., & Darmono, P. (2024, July 4). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 7-14. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.5862