PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSEP TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 MARANCAR

  • Roslian Lubis IPTS
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Yenni Lala Hayati Hasibuan mahasiswa
  • Rosnida Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Febriani Hastini Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Media Pembelajaran, konsep TPACK, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berdasarkan konsep TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri  1 Marancar dan mengetahui kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan  model pengembangan  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Marancar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan diantaranya 1) lembar angket berupa angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk dan angket repon siswa untuk melihat kepraktisan produk serta 2) lembar tes keefektifan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli media,ahli materi dan ahli bahasa yang kemudian dilakukan uji coba produk dengan melihat respon penggunaan produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan berpikit kreatif matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kevalidan produk dengan rata-rata persentase 85% dengan kategori “Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata persentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan produk dengan rata-rata persentase 91,09% dengan kategori “ Sangat Efektif”.

  Kata kunci: Media Pembelajaran, konsep TPACK, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

References

Aulia Dinda Dwi, Kartika. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Berorientasi Pada Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 16 Mataram Tahun pelajaran 2023/2024 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Dewantoro, R. S., & Suseno, J. (2023, July). Pengembangan Video Animasi dengan Pendekatan TPACK dalam Materi Neraca Energi Menggunakan Software Animiz. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Yanita, K., Harahap, M., & Harahap, S. (2022, November 1). Pengembangan Media Pembelajaran Probabilitas Berbasis Monopoly Game Smart (MGS) Untuk Meingkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal),5(3),140-148. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3858

Purba, M. C., & Harahap, N. A. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan aplikasi Geogebra di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2115-2122
Kurnia, Tia Dwi, et al. "Model addie untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Vol. 1. No. 1. 2019.
Lubis, R., Ahmad, M., & Ahmad, A. (2022, July 4). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Datar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 83-95. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.3777
Putri, I. T., Oktaviyanthi, R., & Khotimah, K. (2022). Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 820-830
Kartika, A. D. D., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Berorientasi Pada Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 737-750.
Damayanti, Herry Novis. "Pengembangan Bahan Ajar Ecoprint Berbasis TPACK pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi di SMAN 1 Klaten." Seminar Nasional Pembelajaran Matematika. 2022.

Ichsan, Rahmi. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK) Pada Materi Statistika Kelas Viii Mts Keppe Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Diss. Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2023.
Waluyo, E. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 114-123.
Published
2024-07-04
How to Cite
Lubis, R., Harahap, M. S., Hasibuan, Y., Siregar, R., & Nasution, F. (2024, July 4). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSEP TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 MARANCAR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 15-24. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.5900