PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSEP TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 MARANCAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berdasarkan konsep TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Marancar dan mengetahui kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Marancar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan diantaranya 1) lembar angket berupa angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk dan angket repon siswa untuk melihat kepraktisan produk serta 2) lembar tes keefektifan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli media,ahli materi dan ahli bahasa yang kemudian dilakukan uji coba produk dengan melihat respon penggunaan produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan berpikit kreatif matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kevalidan produk dengan rata-rata persentase 85% dengan kategori “Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata persentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan produk dengan rata-rata persentase 91,09% dengan kategori “ Sangat Efektif”.
Kata kunci: Media Pembelajaran, konsep TPACK, Kemampuan Berpikir Kreatif MatematisReferences
Dewantoro, R. S., & Suseno, J. (2023, July). Pengembangan Video Animasi dengan Pendekatan TPACK dalam Materi Neraca Energi Menggunakan Software Animiz. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Yanita, K., Harahap, M., & Harahap, S. (2022, November 1). Pengembangan Media Pembelajaran Probabilitas Berbasis Monopoly Game Smart (MGS) Untuk Meingkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal),5(3),140-148. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3858
Purba, M. C., & Harahap, N. A. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan aplikasi Geogebra di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2115-2122
Kurnia, Tia Dwi, et al. "Model addie untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Vol. 1. No. 1. 2019.
Lubis, R., Ahmad, M., & Ahmad, A. (2022, July 4). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Datar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 83-95. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.3777
Putri, I. T., Oktaviyanthi, R., & Khotimah, K. (2022). Perancangan E-Modul Interaktif Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 820-830
Kartika, A. D. D., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Berorientasi Pada Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 737-750.
Damayanti, Herry Novis. "Pengembangan Bahan Ajar Ecoprint Berbasis TPACK pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi di SMAN 1 Klaten." Seminar Nasional Pembelajaran Matematika. 2022.
Ichsan, Rahmi. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogic Content Knowledge (TPACK) Pada Materi Statistika Kelas Viii Mts Keppe Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu. Diss. Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2023.
Waluyo, E. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Creative Problem Solving Terintegrasi TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 114-123.