EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP N 5 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.sample penelitian diperoleh dengan menggunakan tekhnik simple random sampling yaitu kelas VIII-8 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest posttest design. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest untuk siswa. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 3,20 dengan kategori “sangat baik”. 2) nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 52,46 dengan kategori “kurang” dan setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 88,18 dengan kategori “sangat baik”. 3) berdasarkan statistic inferensial dengan menggunakan paired samples test (SPSS 25) diperoleh nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata alpha 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika.
Kata kunci: Think Pair Share, kemampuan pemecahan masalah matemtis
References
Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, and Kamaluddin Abunawas. 2023. “Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian.” Jurnal Pilar 14(1): 15–31.
Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(1980): 1349–58.
Anwar, Haidir, Rahmatika Elindra, Roslian Lubis, and Pendidikan Matematika. 2023. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Kelas VII MTs. Nahdlatul Ulama Batang Toru.” MathEdu (Mathematic Education Journal) 6(1): 96–103.
Cahyadi, Muhammad Rizky et al. 2023. “Rubrik Penilaian Tes Esai Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika 1(2): 37–43.
Fitri, Syamsah, Novia Eka Fitri, Edi Syahputra, and Mulyono Mulyono. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Budaya Minankabau Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 4(2): 339.
Latifah, Syintia Siti, and Irena Puji Luritawaty. 2020. “Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1): 35–46.
Lupiyoadi, Montgomery dalam. 2017. “Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka.” Convention Center Di Kota Tegal 4(2000): 6–37.
Sugiyono (2018:229) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta
Tela, Tela, Vara Nina Yulian, And Yanry Budianingsih. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 5(01): 114.
Umrana, Edi Cahyono, and Muhammad Sudia. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa ( Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities in Terms of Student Learning Styles ).” Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika 4(1): 67–76.