PENGEMBAGAN BAHAN AJAR ALJABAR DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP

  • Marzuki Ahmad IPTS
  • Nunik Ardiana IPTS
  • Sakinah Pulungan IPTS
Keywords: Bahan Ajar, Etnomatematika,Pendidikan Matematika Realistik, Berpikir Kritis

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar aljabar dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika untuk membelajarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP yang memenuhi kriteria Valid, Praktis dan Efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sipirok. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli, angket respon siswa dan tes kemampuan berpikir kritis matematika. Angket validasi ahli digunakan untuk mengukur kevalidan bahan ajar sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan bahan ajar dan hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa digunakan untuk mengukur keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keseluruhan penilaian para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria “baik” (valid) berdasarkan penilaian oleh 3 ahli dengan persentase skor sebesar 79,6% dalam kriteria” Valid”. Dan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar terlihat dari aspek kepraktisan dengan persentase skor sebesar 94,76% dalam kriteria “Sangat Praktis”. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematika siswa dilihat dari aspek keefektifan dengan skor rata-rata 81% masuk kategori “Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar aljabar dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika untuk membelajarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP dinyatakan valid, praktis, dan efektif dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, Etnomatematika,Pendidikan Matematika Realistik, Berpikir Kritis  

References

Ahmad, M., & Rohani, R. (2023). Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning. Journal of Didactic Mathematics, 4(3), 189-199.
Ahmad, M., & Siregar, A. U. (2022). Pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kreativitas dan komunikasi matematika. Penerbit NEM.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Elindra, R., Ahmad, M., & Sinaga, U. H. (2022). Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa SMP Swasta Advent Barus. (2022). MathEdu, Vol. 5 No. 2.71-82
Harahap, S. D., Sabri, S., & Ahmad, M. (2023). Implementation of the connected mathematics project learning model on students' mathematical critical thinking ability. Jurnal Gantang, 8(2), 181-191.
Herawaty, G. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 4 Selumba Bengkulu. Pendidikan Matematika , Vol.3 No.1, 13-22.
Lestari, D.P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Scientifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 1 Bandar Pulau. Jurnal Pendidikan Matematika. 13-21.
Lubis, R., Ahmad, M., & Ahmad, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Datar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathematic Education, 83-95.
Makmur, &Korawati, R. B., (2019). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (RME) Pendekatan Dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. International Journal For Educational And Vocational. Vol. 1 No. 3. 153-156.
Masamah, U. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya. Pendidikan Matematika, Vol 2 No 1, 125-154.
Murtinasari, F., Fitriana, E., & Putra, D. E. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika. Matematika dan Pembelajaran, Vol. 9, No. 1
Nahdi, D.S ., Cahyaningsih, U. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education yang Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Educatio FKIP UNMA,Vol. 6, No. 2, 598-604.
Numan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3 (2), 114.
Nurhayati, N (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa.Pendidikan Matematika. Vol. 3 No.2.121-136.
Panglipur, I. R., Putra, E. D., & Imalia, U. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Dengan Permainan Tradisional Dam- Daman Dalam memahami Materi Garis Dan Sudut. Pendidikan Dan Riset Matematika, Vol. 5, No. 1, 57-74.
Putra, E. C. S., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Ethnomathematics Based-Learning for Students. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 162–169.
Rahmawati, F. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(6), 69-76.
Rizki, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Disertai Nilai-Nilai Islam Materi Sistem Persamaan Linear 3 Variabel. Pendidikan Matematika.
Rohani, R., Ahmad, M., Lubis, I. S., & Nasution, D. P. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 504-518.
Setyosari, P. (2013). Metode Pendidikan & Pengembangan . Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Simbolon, N., fauzi, A., & Nuraini, KMS. M. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (RME) Pendekatan Berbasis Etnomatematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pembelajaran Siswa Motivasi di SD Al- Kausar Kota Langsa. Penelitian dan Kritis Internasional Budapest dalam Linguistik dan pendidikan, Vol. 4 No. 1. 543-554.
Siswono, T. Y. E. (2016, October). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1) (pp. 11-26).
Sittiprasert, Watcharin., & Farida. (2019). Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik (RME) Dalam Peningkatan Matematika Kemampuan Analogis Dan Kebiasaan Kepikiran. Pendidikan Matematika, Vol. 10 No. 2. 177-186
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA
Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Aspek Explanation Dalam Penyelesaian Masalah Perbandingan Di SMP. pendidikan Matematika, 1-10.
Susanta, A., Nirmala, L., & Winarni, W. W. (2023). Pengembagan E-Modul Berbasis Model Realistik Mathematics Education (RME) Menggunakan Rumah Adat bubungan lima Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Datar Kelas VI Sekolah Dasar. KAPEDAS (Kajian Pendidikan Dasar), Vol. 2 No. 2. 345-357.
Sutiarso, S., Farida. U & Caswita (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Pendidikan Matematika, Vol 11 No 2, 1563-1572.
Wahyudi. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Matematika. International Conference On Teacher Training and Education, Vol. 2 No. 1. 369-381.
Wasahua, S. (2021). Konsep Pengembangan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Horizon Pendidikan, Vol. 16 No. 2, 72-82.
Yovita, A., Lubis, R., & Ahmad, M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Pendekatakan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Pada Kelas Vii Smp Negeri 2 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 22-29.
Published
2024-07-04
How to Cite
Ahmad, M., Ardiana, N., & Pulungan, S. (2024, July 4). PENGEMBAGAN BAHAN AJAR ALJABAR DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 152-162. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.5902