Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb

  • Muhammad Rizal Usman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Rahma Tahir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aisyah Nursyam Universitas Muhammadiyah Bone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya belajar kolb pada siswa kelas VIII SMPN 30 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar kolb, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 30 Makassar sebanyak 4 siswa yaitu 1 siswa dengan gaya belajar diverger, 1 siswa dengan gaya belajar assimilator, 1 siswa dengan gaya belajar konverger dan 1 siswa dengan gaya belajar acomodator. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tringulasi teknik/metode. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis dengan subjek gaya belajar diverger dapat memenuhi 3 semua indikator, (2) kemampuan komunikasi matematis dengan subjek gaya belajar assimilator dapat memenuhi 3 indikator, (3) kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar konverger dapat memenuhi 3 indikator, dan (4) kemampuan komunikasi matematis dengan gaya belajar acomodator dapat memenuhi 3 indikator.

References

Aini, A. N., & Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence. MATHEdunesa, 11(3), 812-825. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p812-825

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Siswaan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1),105-128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128
Andriani, S. (2020). Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal on Teacher Education, 1(2), 33-38. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.515

Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9-16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2

Bimastuti, R. (2021). Gaya Belajar Kolb Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Pada Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(2), 57-59. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i2.28621

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Furqon, S. U., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IX berdasarkan Gaya Belajar menurut David Kolb. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 12-27. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.11438

Handayani, E., & Ratnaningsih, N. (2019, November). Kemampuan Penalaran Matematik Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Makalah ini disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers (2019), Tasikmalaya, 19 Januari.

Haniatusaadah, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94-106. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.6290

Istiqomah, I., Junarti, J., & Ningrum, I. K. (2021). Proses Koneksi Matematis secara Prosedural Materi Perbandingan ditinjau dari Asimilasi dan Akomodasi. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 130-141.

Mahayukti, G. A., Candiasa, I. M., & Kumalasari, N. M. N. (2021, August). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori polya pada pembelajaran daring ditinjau dari gaya belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 6, pp. 274-286).

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA. The National Council of Teachers of Mathematics.

Nuzula, N. F. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Uin Sunan Ampel Surabaya.

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 768-775).

Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4380

Rofi'ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Rofiqoh, Z., Rochmad, R., & Kurniasih, A. W. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas x dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9344

Saparwadi, L. (2022). Kesalahan Siswa SMP dalam Memahami Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1499

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Undang-undang Republik Indonesia No20 Tahun 2003 Beserta Penjelasannya. Bandung: Nuansa Aulia, 2008

Subekti, I. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Kubus dan Balok ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Artikel Skripsi FKIP Universitas PGRI Kediri. Vol. 02, No. 11, (http://simki.unpkediri.ac.id, diakses 24 agustus 2023)

Supardi, U. S. (2021) Pentingnya Gaya Belajar dan Kecerdasan Spiritual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Alam. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 70-80.

Syaputra, D. A., Mulyono, M., & Hasratuddin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 721-734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1225

Wibawati, N. P. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Edumath, 15(2), 48-53. https://doi.org/10.32682/edumath.v15i2.3000
Published
2024-07-04
How to Cite
Usman, M., Tahir, S., Nursakiah, N., & Nursyam, A. (2024, July 4). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 25-35. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.5909