EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 ANGKOLA SELATAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 34 siswa, teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada variabel bebas (X) adalah Lembar Observasi dan variabel terikat (Y) adalah Tes. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) Penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan komunikasi matematis memperoleh nilai rata-rata 3,75 berada pada kategori “Sangat Baik”, (2) Kemampuan komunikasi matematis sebelum penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diperoleh nilai rata-rata 54,71 berada pada kategori “kurang” dan sesudah penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diperoleh nilai rata-rata 83,82 berada pada kategori “Sangat Baik”, (3) Pengaruh penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan komunikasi matematis dimana hipotesis diterima dengan penggunaan aplikasi paired-samples t-tes dalam SPSS 17. Dimana hasil nilai signifikan sebesar 0,003 dimana 0,003 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan “Semakin efektifnya penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) maka semakin meningkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan”, (4) Adanya letak perubahan kemampuan komunikasi matematis sebelum penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan nilai rata-rata 54,71 dan sesudah penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan nilai rata-rata 83,82 sehingga tujuan penelitian ini sudah tercapai dengan hasil yang maksimal.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.