PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI PERSAMAAN KUADRAT BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X SMK SWASTA YAPIM TARUNA

  • Nunik Ardiana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Helenia Rebecka S Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi persamaan kuadrat berbasis Quizizz terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan mengetahui kualitas baan ajar dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan  model pengembangan 4D (Define, Desin, Developmen, dessiminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas X SMK Swasta Yapim Taruna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi .Instrument yang digunakan diantaranya 1) lembar angket berupa angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk dan angket repon siswa untuk melihat kepraktisan produk serta 2) lembar tes keefektifan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa yang kemudian dilakukan uji coba produk dengan melihat respon penggunaan produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan berpikit kreatif matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kevalidan produk dengan rata-rata persentase 86% dengan kategori “Sangat Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata persentase 89% dengan kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan produk dengan rata-rata persentase 83% dengan kategori “ Sangat Efektif”.

References

Andriana, M. D. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Jurnal Matematika Kreatif Inofatif, 48-49
Egita Melyani B. G, Srie. F. L. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Tata Surya Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 068003 Kecamatan Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Semnaspssh, 2.
Marlina. (2022). Pelaksanaa Pembelajaran Daring oleh Guru Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 06.
Nana. (2020:1). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten, Lakeisha.
NurKesumayanti, R. W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. JES-MAT, 3.
Puspita, T. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Padang.
Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi,4.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pengembangan. Alfabeta.
Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar: ModulMateri Pokok IDIK 4009. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sorta Dameria D, Rahmatika E, Eva. Y. S. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Berbasis Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa si SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu, 3.
Sri Mulyani, H. E. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegoro.Jurnal Pendidikan Matematika.03.
Published
2024-07-04
How to Cite
Ardiana, N., Elindra, R., & S, H. (2024, July 4). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI PERSAMAAN KUADRAT BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS X SMK SWASTA YAPIM TARUNA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 56-66. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.6074