PENGEMBANGAN BUKU AJAR HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

  • Monika Pardede Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sinar Depi Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar himpunan dengan model pembelajaran problem posing tipe pre solution unuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dan mengetahui kualitas buku ajar dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan tes. Penelitian yang dilaksanakan memberikan hasil kevalidan produk dengan rata-rata persentase 85,8% dengan kategori “Sangat Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata persentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan produk dengan rata-rata persentase 81 dengan kategori “Sangat Efektif”. Dengan demikian disimpulkan bahwa, buku ajar dengan model pembelajaran problem posing tipe pre solution untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikembangkan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE, kemampuan bermatematika siswa SMP layak dan baik diterapkan membelajarkan.

References

Ahmad, M & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Mosharafa 6 (3) 373-384.
Ahmad, M., Siregar, Y. P., Siregar, N. A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Mandailing dalam Mengajar Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Education and Humanities Research (ASSEHR), 285(2): 131-137.
Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2 (1), 23-30.
Babe, A, Sudane, I. W., & Lajiba, S. B. S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. NUMERIC:Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 90-99.
Chomsin, Widodo S. dan Jasmani. ( 2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Depdiknas, (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas. 3 (1), 50-80.
Elindra, R. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan. Jurnal MathEdu (Mathemati Education Journal). 6(2), 105–109.
Fitriyana, Z.N. dan Mailizar dan Seruni. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 6 (2): 279-292.
Harahap, R.L. Siregar, Y.P. Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Ponpes Al-mukhtariyah Sungai Dua. Jurnal MathEdu (Mathemati Education Journal). 3 (1) 50-65.
Harahap, D. M. F., Ardiana, N., Pratiwi, Y. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1): 43-52.
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, H. M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.
Mahmudi, A (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Bandung: Universitas Negeri Padjajaran. 5(1): 65-90.
Nurhasanah, R.A. (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. 2(1): 25-55.
Nuraini, L., & Setyowati, F. (2023). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Dawuh Guru; Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2): 133-144.
Ramatania, D.D. dan Setiawan, Y. (2021). Pengembangan Media Poly Game Pada Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5 (4): 2449-2460.
Rohani, R., Ahmad, M., & Lubis, I.S., & Nasution, D.P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(1): 150-260.
Riskiani., Ahmad, M. & Lubis, J.R. (2019). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbentuk Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA N 1 Panyabungan Utara. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). 2 (3): 75-81.
Rianto, V. M., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey pada Teori Trigonometri. Jurnal Pendidkan Matematika, 2(1): 1-8.
Saodah, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Matematika Realistik Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1): 82-90.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 476.
Sofyan, Agus. (2015). Panduan Penggunaan Bahan Ajar. Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Formal (PPPAUDNI) Regional 1. 9(1) 50-65.
Tomo, Yusmin, E., & Rianti, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Datar di SMP. 5(5)(1): 1-11.
Published
2024-11-11
How to Cite
Pardede, M., Ahmad, M., & Harahap, S. (2024, November 11). PENGEMBANGAN BUKU AJAR HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION UNTUK MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 80-90. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.6078