DEVELOPMENT OF STUDENT ACTIVITY SHEETS (LKS) THROUGH A METACOGNITIVE APPROACH TO STUDENTS' MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING IN CLASS VII SMP N 2 SIMARPINGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan daripada bahan ajar yang dihasilkan yaitu berupa LKS yang melalui pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 2 Simarpinggan dan untuk mengetahui kualitas atau kelayakan kevalidan dilihat dari aspek penilaian dari para ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, kemudian untuk kepraktisan dilihat dari aspek penilaian hasil angket respon siswa yang berjumlah dari 10 orang sebagai responden, selanjutnya keefektifan dilihat dari aspek penilaian hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberikan terhadap siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Simarpinggan sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Simarpinggan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi ahli untuk mengetahui kevalidan produk, kemudian angket respon siswa untuk melihat kepraktisan produk, serta lembar tes untuk melihat keefektifan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh para ahli yaitu, ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa yang kemudian produk diuji cobakan kepada responden penggunaannya terhadap produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini sehingga diperoleh kevalidan produk dengan rata-rata persentase 91% dengan kategori “Sangat Valid”, untuk kepraktisan produk diperoleh rata-rata persentase sebesar 84% dengan kategori “Sangat Praktis”, dan keefektifan produk diperoleh hasil dengan rata-rata persentase sebesar 84%dengan rata-rata persentase 84% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berupa LKS melalui pendekatan metakognitif menghasilkan produk penelitian yang baik dan dapat digunakan untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
References
Adha, I. & Refianti, R. 2019. Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 2 (1) : 1-10.
Delima, J. 2024. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Melalui Pendekatan Metakognitif Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII. Hasil wawancara pribadi : 25 Januari 2024, SMP Negeri 2 Simarpinggan.
Dirgontoro, K. P. S. 2018. Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1) : 1-10.
Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 6(2) : 279-292.
Harahap, D. M. F., Ardiana, N., Pratiwi, Y. 2018. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1) : 43-52.
Harahap, M. S. 2022. Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis YouTube Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal) 5(1) : 70-80.
Harahap, M. S., Ahmad, M., Lumbantobing, S. M. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Di STKIP Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 7(5) : 21-26.
Hutajulu, M. 2017. Pembelajaran Matematika Melalui Keterampilan Metakognitif Dengan Model Advance Organizer Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1) : 21-32.
Khaesarani, I. R. & Hasibuan, E.K. 2021. Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3) : 37-49.
Permata, S. P., Suherman., & Rosha, M. 2012. Penerapan Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) : 8-13.
Praduana, A., Ardiana, N., Ahmad, M. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2) : 11-21.
Riskiani., Ahmad, M. & Lubis., J. R. 2019. Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbentuk Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA N 1 Panyabungan Utara. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2(3) : 75-81.
Rianto, V. M., Yusmin, E., & Nursangaji, A. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1) : 1-8.
Simbolon, F. J., dkk. 2020. Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) : 77-88.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sugiyono. 2020. Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1) : 55-61.
Siregar, Y. P. 2022. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan Universitas Aufa Royhan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia : Indonesian Scientific Health Journal. 7(1) : 27-33.
Tomo., Yusmin, E., & Riyanti, S. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. 5(5)(1) : 1-11.
Winarti, D. Jamiah, Y. & Suratman, D. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6) : 1-9.
Wahyudi, A. 2022. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Geografi, 2(1) : 51-63.