PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI I ANGKOLA TIMUR
Abstract
Media pembelajaran merupakan media penunjang dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Namun dalam kenyataannya guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran sangat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media videoscribe untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Angkola Timur yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis (analisis), tahap Design (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Impementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli, angket respon siswa, angket kemandirian dan tes hasil belajar siswa selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media pertama mendapat rata-rata 90% kategori sangat valid, ahli media kedua mendapat rata-rata 80% kategori sangat valid. Ahli materi rata-rata 91,25% kategori sangat valid. Kemudian hasil persentase angket respon siswa mendapat nilai 88,96% dengan kategori sangat praktis.
References
Akram, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkol Videoscribe Pada Materi Trigonometri (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Egok, A. S. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal pndidikan dasar UNJ, 7(2), 186-199.
Makki, Ismail. (2019). konsep dasar belajar dan pembelajaran. Madura: duta media publishing.
Rohman, F. N., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2021). Pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan sparkol videoscribe sguare: journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 137-151.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Rangkuti, A. N. (2016). Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, kualitatitf PTK, dan penelitian pengembangan). Bandung: cita Pustaka media
Yanita, K. N., Harahap, M.S., & Harahap, S.D. (2022). Pengembangan media pembelajaran probabilitas berbasis monopoly game smart (SGM) untuk meningkatkan kreativatas belajar siswa. Jurnal Mathedu (mathematic education journal), 5(3), 140-148.