MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS VII SMPIT ABDAN SYAKURO DENGAN METODE AL MUYASSAR
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMPIT Abdan Syakuro melalui penerapan metode Al Muyassar. Metode ini dipilih karena kemudahannya dalam mengajarkan tajwid dan kefasihan membaca Al-Qur’an, yang sesuai untuk siswa pada tahap awal pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam dua periode siklus, di mana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menemukan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan kemampuan membaca Al-Qur’an. Pada siklus pertama, hanya 50% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, namun setelah siklus kedua, persentase tersebut meningkat menjadi 80%. Hal ini menunjukkan efektivitas metode Al Muyassar dalam membantu siswa memahami prinsip-prinsip tajwid dan meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an.
References
Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 35-442.
Amiroh. 2015. Metode dan Corak Tafsir Muyassar Karya ‘Aidh al-Qarni. Skripsi. Semarang: Universitas
Islam Negeri Walisongo.
Basyir, Hikmat. dkk. 2016. Tafsir Muyassar: memahami al-qur'an dengan terjemahan dan penafsiran paling
mudah. Jakarta: Darul Haq.
Hakim, R. 2014. Pembentukan karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal
Pendidikan Karakter, (2), 123-1342.
Hidayat, N. 2017. Analisis Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini Melalui
Metode Iqra' Di RA Al-Ikhlas Bandung. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati
Bandung, 3(2), 166-175.
Hendra. 2014. Implementasi Metode Al Muyassar Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa di SMPIT
El Ma’mur Cimanggu Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Prosiding Al Hidayah Pendidikan
Agama Islam.
Kertamuda, A., & Wibowo, Heru. 2018. Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar
PAI Dan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam
STAIN Kudus, 7(1), 1-17.
Kementerian Agama RI. 2012. Mukadimah Al-Qur’an dan Tafsirnya. Edisi yang Disempurnakan. Jakarta:
PT Sinergi Pustaka Indonesia.
Muadua, dkk. 2020. Pengaruh Pembacaan Al-Qur'an Terhadap Peningkatan Kesadaran Agama Anak Usia
Dini di TK Islam Al-Hikmah Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam IAIN Padang, 7(2), 189-
204.
Miftah Syarif et al., 2021. Penerapan Metode Muyassar Dalam Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Al-
Qur’an Pada Anak. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam. Vol. 4, No. 1, pp. 75-92.
Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Cetak III. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. Quraish. 2007. Wawasan Al-Qur'an: Sebuah Pengantar Komprehensif. Bandung: Mizan.
Payadnya, I Putu Ade Andre. et al. 2022. Panduan Lengkap Buku Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Yogyakarta: Deepublish.
Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2017. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Graha
Cendekia.