Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Metakognitif Siswa di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Main Article Content

Sinar Depi Harahap Anni haida harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap metakognitif siswa pada topik persegi panjang di kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel sebanyak 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh (a) rata-rata penggunaan model PBL adalah 2,94 (kategori baik) dan (b) rata-rata metakognitif  siswa sebelum menggunakan model PBL adalah 57,44 (kategori kurang ) dan setelah menggunakan model PBL sebesar 79,52 (kategori baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji t (SPSS 26) dan N-Gain diperoleh hasil nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,001<0,05) dan g = 0,60 (kategori sedang). Artinya, model PBL sangat efektif digunakan terhadap metakognitif siswa di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.


 

Article Details

How to Cite
Harahap, S., & harahap, A. (2025, June 30). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Metakognitif Siswa di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 8(2), 107-118. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v8i2.6155
Section
Articles

References

Aningsih. 2012. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Alam (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas I SD Alam Cikeas Bogor). Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.3 No.5
Ariani, Tri dan Winda Suanti. 2016. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. ISSN: 2355-7109 Bungin,
Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Haryani, Desi 2012. Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Seminar nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA INY. ISBN: 978-979-16353-8-7
Jumaisyaroh, Tanti, dkk. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu. ISSN: 2088-687X. Vol. 5. No. 1
Mardapi. 2012. Pengukuran Penilaian Dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Media.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Standar Kompetensi Lulusan
Sugiyono, Prof. Dr. 2014. Statistika untuk penelitian. Bandung: Penerbit: alfabeta, cv. ISBN: 978-979-8433-10-8
Sugiono, Prof. Dr. 2008 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: IKAPI
Siregar Suriani. 2019. Analisis Keterampilan Metakognitif dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Biotik. Vol.7. No.2
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Ke 25. 2017. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta
Suharsini, Arikunto. Prosedur Penelitian. Cetakan 15. 2014 Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Sugiono, Prof. Dr. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: IKAPI
Ulva, Erpina. 2010. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Brpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Volume 2, Nomor 2, Desember 2015. p-ISSN: 2355-1925.
Winarno. 2011. Metodologi Penelitian. Malang: Umpress.