HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar matematika pada Kurikulum Merdeka di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia menekankan pada fleksibilitas pembelajaran, memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk mengembangkan materi sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan mengumpulkan artikel-artikel yang berhubungan dengan hasil belajar matematika pada kurikulum merdeka. Terdapat 8 artikel yang menjadi acuan utama dalam penyusunan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di mata pelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Di tingkat SD, hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata semester pada kurikulum Merdeka lebih baik dibandingkan pada kurikulum 2013. Tidak hanya itu, kemampuan yang bernalar kritis dan kemampuan pemecahan masalah pun timbul. Sedangkan pada Tingkat SMP, penggunaan PPT, video pembelajaran, pengembangan LKPD, serta model pembelajaran dapat menunjang hasil belajar serta kemampuan matematis siswa.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.