Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP N 2 Padangsidimpuan

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Eva Yanti Siregar Rahmatika Elindra Vivin Mei Sarah Sikumbang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Instrumen Penilaian untuk Mengukur kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas VIII--3 di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan dan mengetahui kualitas Insstrumen Penilaian dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, pengukuran, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan diantaranya 1)lembar angket berupa angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk yang dikembangkan, dan 2) angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukukan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, dan ahli bahasa dan kemudian diujicoobakan berdasarkan kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil kevalidan produk dengan rata-rata persentase 83% dalam kategori “Sangat Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata 84% dalam kategori 1“Sangat Praktis” dan keefektifan dengan rata-rata 83 % dalam kategori “Sangat Efektif”.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

Referensi

Ali Ilham Sofiyat, a. T. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Penalaran Statistika Mahasiswa Pai Universitas Islam As-Syafi'Iyah. Matematika Sains.
Aryani, d. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 333.
Cahyani, n. D. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 107.
Dewi. (2020). Pengembangan Soal Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika.
Elindra, r. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Treffingerterhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Smp Negeri 2 Padangsidimpuan. Mathedu, 100.
Fatin, a. (2023). Pengembangan e-Modul Trigonometri Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 8.
Gasong, d. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Gultom, f. W. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Operasi Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 288.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian r&d Dalam Bidang Pendidikan . Jurnal Kajian Keislaman, 129-150.
Hasmal. (2020). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 198.
Ichsan, a. S. (2019). Pengembangan Asesmen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Khadijah, s. S. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran Padamateri Sudut Pusat Dan Sudut Keliling. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu, 20-25.
Kholidah. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Critical Thinking Skill Siswa Madrasah Tsanawiyah Pada Pelajaran Matematika. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Kusumastuti, a. D. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (Lpsp).
140-150.
Usman, h. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur. Skripsi Uin Alauddin Makassar, 121-123.
Usman, h. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Makassar.
Vebrian, r. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 2605.
Zulkarnaen, l. J. (2019). “Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Timss”. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika