EFEKTIVITAS PEMBERIAN DUKUNGAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pemberian dukungan sosial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksprimen dengan design one group pretest postest. Sampel diperoleh sebanyak 29 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis statistik deskriptif, nilai rata rata peneraan pemberian dukungan sosial adalah 89,17 (kategori yang sangat baik), nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan sebelum penerapan pemberian dukungan sosial adalah 50,69 (katogori kurang) dan nilai rata-rata sesudah pemberian dukungan sosial setelah penerapan pemberian dukungan sosial adalah 74,71 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan paired sampel test (SPSS22) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Artinya, terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pemberian dukungan sosial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, dimana nilai rata-rata indeks N-gain Adalah 0,30 (kategori sedang).
References
Hasibuan, K. S., Ahmad, M., & Harahap, S. D. (2023). Efektifitas Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 52-63.
Harahap, R. A., Anni, H., & Ahmad, M. (2019). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Portibi. Jurnal MathEdu, 2(3), 64–74.
Layali, N. K. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 137–144.
Lubis, F. A. S., Bakhtiar, Y., & Saleh, A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Neglasari The Effect of Social Support on Student Learning Interest in Neglasari Village. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6), 919–924.
Maslihah, S. (2011). Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School. Psikologi Undip, 10(2), 103–114.
Prameswari, S. A., & Muhid, A. (2022). Dukungan Sosial Untuk Meningkatkan Psychological Well Being Anak Broken Home. Jurnal Psimawa, 5(1), 1–9.
Rangkuti, A. N. (2016). METODE PENDIDIKAN PENELITIAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan.
Shodiqin, A., Sukestiyarnob, Wardonob, Isnartob, & Utomo, P. W. (2020). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik Dan Rudnick Ditinjau Dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 809–820. file:///C:/Users/admin/Downloads/referensi refisi 2.pdf
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Siregar, N. J., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2024). model pembelajaran ICM pemecahan masalah. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 64-72.
Supriadi, G. (2021). Statistik penelitian pendidikan.
Tea, T., Anakaka, D. L., & Amseke, F. (2020). Dukungan Sosial Guru dan Self Regulated Learning Siswa. Journal of Health and Behavioral Science, 2(2), 60–79. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i2.2193
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540
https://kumparan.com/kabar-harian/contoh-soal-perbandingan-kelas-7-smp-lengkap-dengan-pembahasannya-1wWMKBCVega. Diakses pada 27 Februari 2024.