PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Rayana . Universitas Graha Nusantara
  • Yuni Rhamayanti Universitas Graha Nusantara
  • Adek Nilasari Harahap Universitas Graha Nusantara
Keywords: Pengembangan, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of the discovery learning model on the mathematics learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 1 Marancar, Algebra Operations Material. This type of research is quasi-experimental research. The research population was all students of class VIII odd semester of SMP Negeri 1 Marancar TP. 2023/2024 which consists of 2 classrooms totaling 42 class VIII students. The control class is class VIII-1 and the experimental class is class VIII-2.

The normality test value for the control class is 0.038˃0.05, meaning it is normally distributed. Then for the experimental (treatment) class, the calculated L value was 0.392 ˃ 0.05, meaning it was normally distributed. So it can be concluded that the data distribution in this study is normally distributed. Meanwhile, the homogeneity result is a significance value of 0.209˃0.05. This means that it can be concluded that the data distribution for the control class and experimental class has homogeneous data conditions. Furthermore, the tests carried out showed that there was an influence of the discovery learning model on the mathematics learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 1 Marancar. Based on this table, the Sig value can be seen. (2-Tailed) is 0.894˃ of 0.05. So Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence of the discovery learning model on the mathematics learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri 1 Marancar.

Keywords— Discovery Learning, Learning Outcomes, Algebra

 

References

Ardat, A. (2014). Penerapan Teori Bruner dan Peta Konsep dalam Meningkatkan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tarbiyah, 21(1).
Bakara, j. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 37 Medan TA 2022/2023.

Dahlia, d. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia menggunakan lks pada siswa kelas vi sd. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(2).
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan
Ferdiyanto, Y. (2020). Belajar Dan Mengajar Matematika. Generasi Hebat Generasi Matematika.
Handayani, A. (2013). Pengaruh Kemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 14, No. 1, pp. 20-29).
Marbun, P. (2019). Strategi pembelajaran transformatif. Diegesis: Jurnal Teologi, 4(2), 41-49.
Matematika, 3(2), 315-322.
Nasution, r. A. (2019). Hubungan kelengkapan perangkat pembelajaran dengan hasil belajar siswa di kelas v sd negeri 044845 payanderket tahun pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, universitas quality).

Nengsi, S., Zulyetti, D., & Nelvi, M. H. (2021). Pengembangan LKS Biologi Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas. Jurnal Edukasi, 1(1), 12-28.
Nurfarida, H., & Susilo, H. (2014, February). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Plasma Cluster untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas Viiic SMP Negeri 2 Ponorogo. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 1167-1172).
Pakpahan, m. (2022). Penggunaan lembar kerja siswa untuk meningkatkan minat belajar pada kompetensi dasar mengolah kue indonesia. Jurnal tunas pendidikan, 5(1), 179-188.
Prasetyo, a. D., & abduh, m. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Ruskan, e. L., ibrahim, a., & hartini, d. C. (2013). Sistem pendukung keputusan pemilihan hotel di kota palembang dengan metode simple additive weighting (saw). Jsi: jurnal sistem informasi (e-journal), 5(1).
Salmi, s. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips. 2 sma negeri 13 palembang. Jurnal profit: kajian pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi, 6(1), 1-16.
Sundawan, m. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. Logika jurnal ilmiah lemlit unswagati cirebon, 16(1). Sundawan, m. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. Logika jurnal ilmiah lemlit unswagati cirebon, 16(1).
Tasmalina, t., & prabowo, p. (2018). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada sub materi spermatophyta di sma swasta nurul amaliyah tanjung morawa tahun pembelajaran 2015/2016. Best journal (biology education, sains and technology), 1(1), 14-20.
Triyono, j. A. (2015). Strategi pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sd ni binorong bawang banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 (doctoral dissertation, iain purwokerto).
Utari, s. (2019). Pengaruh etika dan bisnis islam terhadap kepuasan penumpang pesawat terbang di bandara sultan iskandar muda aceh (doctoral dissertation, uin ar-raniry).
Utomo, c., rahmawati, y., soedarso, s., kasih, r. P., mustika, m. S., & afiata, m. (2017). Pengembangan tata ruang pasar perkotaan untuk peningkatan nilai dan produktivitas lahan. Simposium ii uniid 2017, 2(1), 48-52.
Veranti, e. M., saryontono, b., & rahmawati, f. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematika menggunakan media audio visual dengan pendekatan open ended pada siswa kelas viii c semester ganjil smp negeri 1 pesawaran tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal mahasiswa pendidikan matematika (jmpm), 3(1), 1-13.
Wansateja, a., slamet, a., & warhan, a. D. (2005). Perbandingan motivasi belajar dan daya serap antara siswa yang menggunakan lks buatan guru dengan lks cetakan penerbit pada pelajaran sains biologi di smp negeri 2 tanjung raja (doctoral dissertation, sriwijaya university).
Wardani, i. U. (2022). Belajar matematika sd dengan pendekatan scientific berbasis keterampilan. Feniks muda sejahtera.
Widodo, r. D., priyanti, m. M., & salimi, m. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) ipa berbasis potensi lokal. Fkip e-proceeding, 111-118.
Published
2024-07-04
How to Cite
., R., Rhamayanti, Y., & Harahap, A. (2024, July 4). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 81-90. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.6241