PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAS NU SIBUHUAN T.A 2023/2024

  • Veri Pramudia Fadli STKIP Padang Lawas
  • Habibah Hannum Siregar STKIP Padang Lawas
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING, Kemampuan Koneksi Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan kemampuan koneksi matematis siswa karna kurang di biasakan dengan masalah-masalah terbuka yang melibatkan logika dan insting siswa. siswa hanya mendapatkan pembelajaran yang berpusat pada guru. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai, oleh karena itu peniliti menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI MAS NU SIBUHUAN setelah diterapkan model pembelajaran reciprocal teachingdan juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas MAS NU Sibuhuan kelas XI MAS NU Sibuhuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan menggunakan desain “the Posttest Only Control Design”. Penelitian ini ada dua kelompok sampel yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis mengunakan uji mann whitney. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0.05, diperoleh signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 diterima. Jadi ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI MAS NU Sibuhuan T.A 2023/2024.

Kata Kunci: (Reciprocal Teaching, Kemampuan Koneksi, Matematis)

References

Apipah, S., & Kartono, K. (2017). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada model pembelajaran VAK dengan self assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 148-156.
Rohman, R., Syaifudin, S., & Astiswijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165-173.
Mulyono, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 238-250.
Darmani, J. W., & Renaldi, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dengan Fieldtrip. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 373-380.
Hidayat, D. (2018). Penerapan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa MA. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1-8.
Astuti, N. D., & Purwanto, S. E. (2021). Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan google meeting terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1183-1192.
Sukajaya, I. N., & Ardana, I. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Resik dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI Mia. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1), 19-28.
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28- 39.
Rosyana, S. I., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Published
2024-07-04
How to Cite
Fadli, V., & Hannum Siregar, H. (2024, July 4). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAS NU SIBUHUAN T.A 2023/2024. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 91-96. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i2.6243