Pengembangan LKPD Berbasis RME Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Garis dan Sudut
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan etnomatematika sebagai bahan ajar yang layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian mengacu pada pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluatio.. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah para peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo dengan total 121 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar angket validasi, lembar angket respon guru sebagai lembar penilaian kepraktisan dan lembar angket respon peserta didik sebagai lembar penilaian keefektifan dari LKPD yang dikembangkan. Hasil analisis data yaitu (1) hasil validasi dari 2 validator mengenai LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 3,85 dengan kategori valid, (2) hasil kepraktisan dari 2 guru mengenai LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 4,75 dengan kategori sangat praktis, (3) hasil keefektifan dari para peserta didik mengenai LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor 4,551 dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan etnomatematika pada materi garis dan sudut layak digunakan.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Referensi
Fauzana, Rahmi. 2022. “Pencapaian Representasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan RME Berbasis Etnomatematika.” Madaris : Jurnal Guru Inovatif 2(1):163–79.
Hasyim, Adelina. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah. Media Akademi.
Hidayat, Adityawarmah, and Indra Irawan. 2017. “Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 1(2):51–63. doi: 10.31004/cendekia.v1i2.20.
Jakiah, Nur, Marzuki Ahmad, Nunik Ardiana, Bahan Ajar, and Kemampuan Pemecahan Masalah. 2022. “Pengembangan Bahan Ajarsistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Website Untuk.” … (Mathematic Education Journal) 5(3):101–13.
Kusumawati, Yusril. 2021. “Etnomatematika Pada Kerajinan Kuda Kepang Masyarakat Desa Karangrejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.” IAIN KEDIRI.
Nurhafizah, and Ahmad Fauzan. 2019. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Di Kelas XII IPA SMA Pertiwi 1 Padang.” Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika 8(4):96–102.
Okti Yolanda, Feni, and Aan Putra. 2022. “Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(2):188–95. doi: 10.37478/jpm.v3i2.1533.
Pranata, Natalia, Hepsi Nindiasari, and Abdul Fatah. 2020. “KARAKTER DAN BUDAYA LOKAL Pendekatan Kontekstual ( Contextual.” 1(3):236–44.
Pristiwanti, D., B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):1707–15.
Pulungan, Nina Anriani, and Anita Adinda. 2023. “Eksplorasi Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Daerah Padangsidimpuan Selatan.” JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 6(1):1–28.
Rahmadani, Mona Lisa, Zulfah Zulfah, and Zulhendri Zulhendri. 2023. “Pengaruh Pendekatan Ethno-RME Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan MIPA 13(4):1162–70.
Ramadhani, Ajeng, Rully Charitas, Indra Prahmana, Universitas Ahmad, and Dahlan Yogyakarta. 2019. “Desain Pembelajaran Garis Dan Sudut Menggunakan Jam Dinding Lingkaran Untuk Siswa SMP Kelas VII.” JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 4(2):85–101.
Ranta, Suhan. 2021. “ADDIE, Model Pembelajaran Efektif Dan Solutif Dalam Penulisan Karya Ilmiah.” Padmanaba. Retrieved (https://sma3jogja.sch.id/blog/addie-model-pembelajaran-efektif-dan-solutif-dalam-penulisan-karya-ilmiah/).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryanti, Oktorica Cindra. 2015. “Indentifikasi Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 4 Jember.” Universitas Jember.
Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Widoyoko, Eko Putra. 2016. Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widyantini, Theresia. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Zahroh, Umy. 2020. “Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dengan Memodelkan Motif Batik Gajah Mada.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 20(1):1–17. doi: 10.21274/dinamika.2020.20.1.1-17.