POLA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI OLIMPIADE SAINS DI MADRASAH ALIYAH DARUL MURSYID
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini menggunakan perangkat metodologis dengan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis pada paradigma fenomenologi melalui instrumen pendukung (interview, observasi, dokumentasi) yang memungkinkan data objektif bisa diangkat ke permukaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola pengorganisasian pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid adalah dengan mengatur penetapan kurikulum yang jelas dan terukur dan dibentuk bersama seluruh stakeholder Pendidikan di lingkungan madrasah. (2) Pola penyampaian pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Pertama; Darul Mursyid sangat menjunjung tinggi prinsip kreativitas dan efektivitas pada pembelajaran siswa. Kedua; Media pembelajaran diarahkan menggunakan model yang lebih variatif dan inovatif. Ketiga; pembelajaran dalam kelas KBM ataupun olimpiade harus menggunakan metode belajar interaktif dan dinamis. (3) Pola pengelolaan pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid disusun secara bersama oleh seluruh stakeholder madrasah dan pesantren. Mulai dari penyusunan struktur kurikulum sampai pada penetapan guru pada bidang studi dan penetapan jam belajar pada satu muatan kurikulum tertentu. Mewajibkan guru membuat jurnal dan catatan perkembangan siswa pada bidang studinya dan dievaluasi secara berkala oleh madrasah. (4) Capaian hasil penerapan pola pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid menunjukkan bahwa prestasi yang diraih oleh peserta didik di berbagai ajang olimpiade sains berhasil meraih juara pada tiap tahunnya terutama juara umum.
Kata kunci: Pola Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Prestasi Olimpiade Sains.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.