POLA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI OLIMPIADE SAINS DI MADRASAH ALIYAH DARUL MURSYID

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Arjun Arifin Lase

Abstrak

Penelitian ini menggunakan perangkat metodologis dengan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis pada paradigma fenomenologi melalui instrumen pendukung (interview, observasi, dokumentasi) yang memungkinkan data objektif bisa diangkat ke permukaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola pengorganisasian pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid  adalah  dengan  mengatur penetapan kurikulum yang jelas dan terukur dan dibentuk bersama seluruh stakeholder Pendidikan di lingkungan madrasah. (2) Pola penyampaian pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid. Pertama; Darul Mursyid sangat menjunjung tinggi prinsip kreativitas dan efektivitas pada pembelajaran siswa.  Kedua; Media pembelajaran diarahkan menggunakan model yang lebih variatif dan inovatif. Ketiga; pembelajaran dalam kelas KBM ataupun olimpiade harus menggunakan metode belajar interaktif dan dinamis. (3) Pola pengelolaan pembelajaran matematika yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Mursyid disusun secara bersama oleh seluruh stakeholder madrasah dan pesantren. Mulai dari penyusunan struktur kurikulum sampai pada penetapan guru pada bidang studi dan penetapan jam belajar pada satu muatan kurikulum tertentu. Mewajibkan guru membuat jurnal dan catatan perkembangan siswa pada bidang studinya dan dievaluasi secara berkala oleh madrasah. (4) Capaian hasil penerapan pola pembelajaran matematika dalam peningkatan prestasi olimpiade sains di Madrasah Aliyah Darul Mursyid menunjukkan bahwa prestasi yang diraih oleh peserta didik di berbagai ajang olimpiade sains berhasil meraih juara pada tiap tahunnya terutama juara umum.


 


Kata kunci: Pola Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Prestasi Olimpiade Sains.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles