KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Pendahuluan: Dalam beberapa tahun terakhir kemandirian siswa dalam belajar mendapat perhatian yang signifikan dalam penelitian pendidikan. Kemandirian siswa mengacu pada kemampuan siswa untuk mengambil kepemilikan atas pembelajrannya, membuat keputusan tentang proses belajarnya sendiri, dan menetapkan tujuan untuk dirinya sendiri. Konsep ini erat kaitannya dengan gagasan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana siswa didorong untuk berperan aktif dalam proses pembelajarannya. Dalam pendidikan matematika, kemandirian siswa elah terbukti mempunyai dampak positif terhadap motivasi, keterlibatan, dan prestasi siswa. Tujuan: Memberikan gambaran dan gagasan dari hasil literature review tentang pengaruh kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Penelusuran artikel akademik melalui online database. Kemudian dilakukan penyaringan didapatkan 10 artikel yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Penelusuran artikel akademik melalui Online Database ( pencarian melalui Google Schooler, Pub Med dari tahun 2016 – 2022. Kemudian dilakukan penyaringan dengan PICO (Population, Intervention, Comparative, Outcome) didapatkan 10 artikel yang sesuai. Hasil: Berdasarkan hasil studi menunjukan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan: Terdapat pngaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: Matematika, Kemandirian, Hasil Belajar.
References
Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171-1183. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.364
ANSORI, Yusup; HERDIMAN, Indri. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 11-19, jan. 2019. ISSN 2549-5070. Available at:
Nurfadilah, siti, & hakim, dori lukman. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990
England journal of medicine, 370(12), 1121–1130.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar
Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39.
https://www.merdeka.com/uang/survei-anak-anak-di-indonesia-masih-sulit-dengan-pelajaran-matematika-22590-mvk.html?screen=2